Semuanya ada disini

Apa sih STIS itu? Gak tau? Mari kupas tuntas di sini..


Apa sih STIS itu? Pasti sebagian besar orang pada kagak tau apa nih STIS. Tapi gue bilang wajar kok karna dulu juga gue gak tau,nyokap gue gak tau, temen atau pun tetangga juga banyak yang gak tau. Yaaa ini emang kurang populer masyarakat, jadi wajar-wajar aja sih menurut gue. Justru malah orang lebih kenal STAN. Ketika lo ditanya “apa sih STAN?”, pasti kemungkinan besar lo tau, karna memang STAN itu udah populer di kalangan masyarakat.

Sekarang balik lagi ke soal, “Apa sih STIS itu”? jawabannya adalah, STIS merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan dengan Program DIV yang dinaungi Oleh BPS (Badan Pusat Statistik). Alamatnya ada di Jalan Otto Iskandar Dinata No 64.C Jakarta Timur.

Sekolah di STIS itu banyak kelebihannya:

  1. KULIAH GRATIS, alias semua biaya perkuliahan bener-bener gratis, jadi lo cuman kudu belajar aja yang bener di sana, gak perlu mikirin uang kuliah, dan yang pasti lo bakal ngeringanin banget biaya orangtua. Orang tua mana coba yang gak seneng kalo anaknya masuk STIS ;-)
  2. dapet UANG SAKU.Selain kuliah gratis, Lo pun bakal dikasih tunjangan ikatan dinas sebesar Rp850.000/bulan (tahun 2012 masih segini). Mantap gak tuh? kalo orang lain kuliah harus bayar SPP, lo malah kuliah dikasih “SPP”, hehe. Duitnya bisa lo tabung, atau lo buat bersenang-senang juga bisa, apapun lah asal positif.
  3. JAMINAN PNS. maksudnya? jadi begini, begitu lo lulus/wisuda dari STIS, Lo PASTI KERJA di BPS sebagai pegawai negeri sipil golongan IIIA. Yang lain lulus PTN belom tentu bisa dapet kerja, tapi kalo lo lulus dari STIS, pasti dapet kerja.

Terus apa aja sih yang bakal dipelajarin kalo kita masuk STIS? Mata Kuliah yang diajarin di STIS itu sebagian besar adalah yang berhubungan dengan matematika dan Statistika, alias kalo lo kuliah di sana lo bakal banyak berkutat dengan angka dan rumus. Ini tepat banget buat lo yang seneng banget sama itung-itungan. Adapun Mata kuliah lainnya yang bakal lo pelajarin di sini adalah tentang Ekonomi, Kependudukan, Sosiologi, B.Inggris, KWN, dsb.. Yang jelas di sini gak ada FISIKA, KIMIA, BIOLOGI.. haha

Di STIS ada 2 Program Studi, yaitu STATISTIKA dan KOMPUTASI STATISTIK. Begitu lo keterima di STIS, lo belom dapet salah satu dari kedua jurusan yang udah gue sebutin tadi. Lo bakal dijuruskan ke salah satu dari program studi tersebut ketika lo masuk ke tingkat 2. Jadi Selama di tingkat 1 belom ada penjurusan.

Nah, kalo di tingkat 2 lo dapet program studi STATISTIKA, maka di tingkat 3 nya lo bakal dijuruskan lagi ke dua peminatan yaitu, STATISTIKA EKONOMI atau STATISTIKA KEPENDUDUKAN. Masalah tentang apa prospek kedepannya tentang kesemua jurusan tersebut, pastinya lo udah bisa nebak-nebak dari kata-katanya, kalo EKONOMI, yaa prospeknya tentang Statistik perekonomian di negara kita, begitu juga dengan kependudukan. Dan bedanya dengan KOMPUTASI STATISTIK adalah lo bakal diajarin gimana cara buat software, dan tentang per-ilmukomputer-an yang lain yang berhubungan dengan perStatistikan.

Sistem Kuliah di STIS menggunakan Sistem Paket. Sederhananya, ketika lo kuliah di STIS, lo gak perlu nyusun SKS atau pun ngisi KRS. Semuanya itu udah diatur oleh pihak kampus, alias yang perlu lo lakuin adalah belajar sesuai jadwal yang diberikan kampus. Dengan Sistem Paket ini, gak akan ada yang bisa mempercepat lulus atau memperlambat lulus, semua sama, sehingga dalam satu tahunnya hanya ada satu kali wisuda.

Dan yang paling “menakutkan” di kalangan mahasiswa STIS adalah Sistem DO yang diterapkan di kampus. Banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa diDO:

  1. Nilai Mata Kuliah Inti dibawah C
  2. Nilai Mata Kuliah non Inti dibawah D, alias E.
  3. Absensi lebih dari 20% (kalo gak salah)
  4. dan segala faktor lainnya yang ditulis pada buku saku prestasi dan pelanggaran yang dimiliki setiap mahasiswa STIS.

Pada Semester 1 dan semester 2, jika kedapatan mendapatkan nilai mata kuliah inti di bawah C, maka akan langsung dropout (DO), tetapi untuk semester 3 dan seterusnya, jika kedapatan seperti demikian, maka akan diberi pengulangan selama satu tahun SATU KALI, jadi kalo masih kurang juga nilainya, maka akan didropout juga. So be careful! ;-)

Apa begitu mengerikan kah SISTEM DO yang diterapkan STIS?

buat gue gak juga, yang perlu lo lakuin ketika kuliah di STIS ini, belajar yang bener dan serius biar dapet nilai yang bagus. Pelajarannya terbilang gak susah dan gak gampang kok, yang penting lo jalanin aja dulu, insyaAllah bisa kok ;-)

Trus apa aja PERSYARATAN yang mesti lo penuhi buat jadi Mahasiswa STIS ini?

  1. Badan Sehat, gak buta warna, dan bebas dari narkoba.
  2. Lulus Ujian Nasional SMA IPA atau MAN Jurusan IPA, atau sederajatnya.
  3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 pada kelas XII semester .
  4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober pada tahun pendaftarannya.
  5. Belum nikah dan bersedia gak nikah selama mengikutin pendidikan.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).
  8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
  9. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

mungkin bisa berubah, jadi untuk lengkapnya liat di situs STISnya di http://stis.ac.id

Dan untuk jalur masuknya sendiri ada tiga yang gue tau. Pertama jalur REGULER, kedua jalur PMDK, dan terakhir jalur TUGAS BELAJAR.

PMDK hanya bisa dilakuin di daerah-daerah terpencil, terbelakang, atau di daerah pedalaman. Jadi buat di jakarta, bandung, dan kota-kota lainnya hanya bisa lewat jalur REGULER. sedangkan TUGAS BELAJAR merupakan jalur seleksi untuk mereka yang memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai tetap pada BUMN/BUMD, atau TNI/POLRI, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA, yang ditugasi oleh instansi yang bersangkutan untuk mengikuti pendidikan di STIS. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang menugasi. sumber: stis.ac.id

Nah, untuk yang REGULER itu sendiri, harus melalui beberapa tahapan TES yaitu:

  1. UJIAN TERTULIS (matematika, bahasa inggris, dan pengetahuan umum)
  2. WAWANCARA dan PSIKOTES
  3. TES KESEHATAN

semuanya itu sistem gugur dan harus dilampaui tahapan per tahapan, kalo tahap 1 gak lolos berarti gak bisa lanjut tahap 2, dst.

Untuk Kisi-kisi Ujian Tertulisnya: bahan Matematika adalah Matematika SMA IPA mirip seperti UN tetapi sedikit lebih sulit dan berbeda dengan Matematika SNMPTN. Bahan bahasa inggris adalah seperti TOEFL, ada grammer, vocabulary, reading, dll. Sedangkan pengetahuan umum adalah pengetahuan yang ada sampai saat ini, entah itu berita yang lagi populer saat ini, tentang olahraga, statistika, negara, kesehatan, gaya hidup, dsb. Sering-sering aja update berita baik di TV, atau internet.

Untuk Wawancaranya sendiri, nanti lo rasain aja pas tesnya kayak apa, yang jelas jawab aja dengan jujur ;-)

Kalo Tes Kesehatan itu, kalo yang gue lakuin dulu, ada tes urin, periksa darah, rontgen, cek buta warna, periksa tinggi dan berat badan.

kalo lo sehat, pasti lulus di tes kesehatan ini ;-)

Oiya, di STIS ini gak ada semi militer atau pun full militer. sama kayak SMA, gak ada Militer-militerannya, hehe. Dan STIS gak ada asrama, jadi mahasiswanya itu ngekos/ngontrak atau pulang-pergi kalo yang deket dari kampus. dan Mahasiswa STIS wajib pakai PDA (pakaian dinas akademik).

Gimana? tertarik kan pastinya? hehe.. STIS (dibaca es te i es bukan setis) ini bisa jadi bahan pertimbangan buat lo yang lagi pada bingung mau nerusin kemana setelah lulus SMA..

maaf kalo ada salah-salah kata, gue cuman mau ngasih informasi tentang STIS, ibaratnya sosialisasi lah ke orang-orang via blog gue ini.. hehe..

kalo ada pertanyaan, komen aja ;-) atau bisa via mention ke twitter gue @aditsud

About these ads

423 responses

  1. makasih banyak atas infonya

    11 Maret 2012 pukul 07:15

  2. Malik

    mau nanya, gaji pegawai bps beserta tunjangannya setelah lulus dari stis itu tau gak berapa angka pastinya?

    13 April 2012 pukul 08:59

    • Aditya Sudyana

      setelah lulus dari STIS, pasti kerja di BPS sbg PNS golongan 3A.. setelah kurang lebih 4 tahun, naik lagi golongannya jadi 3B, dst…

      kamu bisa searching atau tanya2 ke PNS yg lain gaji PNS di tiap golongan berapa.. saya kurang tau..

      13 April 2012 pukul 10:12

  3. Malik

    berarti, pegawai bps belum ada tunjangannya seperti pegawai depkeu (lulusan STAN) ya?
    oh iya, emang kalo kuliah di statistika ipb, peluang dapat kerjanya lebih sedikit dibanding di STIS ya?

    13 April 2012 pukul 13:09

    • Aditya Sudyana

      kalo masalah tunjangan kk gak ngerti karna kk emang belom kerja di BPS, masih kuliah..

      peluang kerja lulusan statistik IPB banyak kok, yang penting bisa CARI kerjanya.. klo di STIS itu cuman wajib kerja di BPS, jd gak bisa kerja di tempat lain..

      13 April 2012 pukul 23:03

    • qurochan

      Bantu jawab lagi ya Aditya..Buat Malik..BPS itu menurut wacana akan renumerasi pertengahan tahun ini…sebelum itu terlaksana BPS juga sudah menerapkan yang namanya tunjangan kinerja,, selain itu setiap ada survei yang dilakukan BPS itu untuk pelatihan petugas ataupun pelaksanaannya si petugas dapat honor lagi. Untuk peluang kerja lulusan IPB seperti penjelasan aditya, lulusan universitas bebas pendaftaran di instansi/lembaga manapun. Kalo lulusan IPB ingin masuk BPS itu melalui ujian penerimaan pefawai BPS jalu umum, dan itu artinya harus bersaing lagi dengan ribuan pencari kerja lainnya. Lulusan STIS sebenarnya juga bisa bekerja di luar BPS dalam artian org tsb melanggar perjanjian ikatan dinas. Nah untuk kasus seperti ini org tsb harus mengganti rugi biaya pendidikan selama 4 tahun di STIS, dan untuk mendapatkan pekerjaan lain (di luar BPS) dia harus mengikuti tes penerimaan pegawai/karyawan yang diselenggarakan oleh instansi lain tsb.

      30 April 2012 pukul 14:47

      • Aditya Sudyana

        wah detail banget kak.. makasih lagi buat tambahan jawabannya ^_^

        30 April 2012 pukul 19:41

  4. siti jamila

    kk naxa,
    klau kuliah d stis it nlai b.ingx brpengaruh g?
    soalx aq krng bisa klau b.ing tp klau d itung”anx aq lmyan oke.

    16 April 2012 pukul 16:14

    • Aditya Sudyana

      berpengaruh dek.. pokoknya harus seimbang bahasa inggris sama matematikanya, ya walaupun prioritas utama tetep di matematikanya

      16 April 2012 pukul 19:54

  5. wie

    kak kalo cew pemeriksaan kesehatan nya apa aja ?

    17 April 2012 pukul 20:57

    • Aditya Sudyana

      sama kayak cowo

      17 April 2012 pukul 21:17

  6. wie

    keperwanan juga iya ?

    18 April 2012 pukul 13:13

    • Aditya Sudyana

      kurang tau dek

      19 April 2012 pukul 00:21

    • qurochan

      boleh bantu jawab ya dek aditya…buat wie, utk tes kesehatan stis itu tergantung rumah sakit di daerah setempat. STIS itu hanya mensyaratkan lulus medical check up. Organ apa aja yang dicheck utk medical checkup itu tergantung ketentuan rumah sakit setempat.Ada beberapa rumah sakit yang pake tes perawan dan ada yang enggak. Waktu jaman kakak masuk stis dr rumah sakit di daerah kakak gk pake tes perawan.

      30 April 2012 pukul 14:34

      • Aditya Sudyana

        waduh.. kaget tiba-tiba ada kakak tingkat hehe..
        makasih ka buat tambahan jawabannya :-)

        30 April 2012 pukul 19:39

  7. kusmi

    misi kak mau tanyaa.
    psikotes dan wawancara stis tuh di bedain ga si materi tes utk jkt dgn daerah lainnya ?

    18 April 2012 pukul 20:10

    • Aditya Sudyana

      wah kurang tau dek :-)

      19 April 2012 pukul 00:15

  8. wie

    cari tau lah kakak :D sama teman nya kakak

    plis ada yg perlu nie

    19 April 2012 pukul 05:18

    • Aditya Sudyana

      gini aja dek.. syarat buat jadi mahasiswa/i STIS tuh gak boleh udah nikah…

      dan waktu tes kesehatan itu ada pengambilan sample urin…

      selanjutnya urin tersebut diurus sama pihak rumah sakit, nah di sana yang ngurus ya para dokternya.. gak akan ada mahasiswa/i yang tau… disitu entah di cek narkoba, atau di cek apaa ada kencing manis, atau bahkan keperawanan (mungkin), yaa cuman dokternya yang punya rahasia.. kita sebagai yang ikut USM STIS ya cuman ikutin prosedurnya aja..

      19 April 2012 pukul 05:41

  9. wie

    tanya sama kawan cewe kakak cobak,
    trus trus dia di ksh surat keterangan yg di sampai kan ke orang tua ?

    20 April 2012 pukul 09:31

    • Aditya Sudyana

      abis tes kesehatan itu pasti kita dikasih tau hasilnnya dengan berkas-berkasnya.. orang tua pasti bakal tau

      20 April 2012 pukul 17:56

  10. trisna ulfa permana

    kakak,, aku mau nnya nih,,
    mxsd buta wrna sbenernya ituu tu apaan sih kak???

    ga bsa bedaiin wrna ato ada hal lain???

    23 April 2012 pukul 22:34

  11. kakak.. boleh nnany gag?? mxsd buta wrna tu sbnernya apaan sih??

    23 April 2012 pukul 22:37

    • Aditya Sudyana

      buta warna itu tidak dapat mengidentifikasi warna… hanya hitam putih yang terlihat..
      lebih jelasnya, searching aja di google

      23 April 2012 pukul 22:48

  12. sarina

    kak, tes wawancaranya itu pake bhs indonesia kan? terus tes tertulisnya itu setiap pelajaran berapa soal?

    24 April 2012 pukul 15:13

    • Aditya Sudyana

      tes wawancaranya itu pake bahasa indonesia dek.. dan tiap soal tertulisnya ada 60 soal

      24 April 2012 pukul 20:25

  13. owhh….gtu ya,, trus ada gg kak tes miopy?? soalnya aku rabun jauh nih,, min 2…
    aku minat masuq stis, tpi mataku minus,,
    gmna donk kak???

    24 April 2012 pukul 17:26

    • Aditya Sudyana

      mata minus gak masalah kok dek.. saya aja pake kacamata

      24 April 2012 pukul 23:53

  14. emank nya kakak rabun jauh jga yach???
    ohh syukurlah klo gtu,,
    aqu ingin bngt soalnya,,

    25 April 2012 pukul 15:08

    • Aditya Sudyana

      kakak minus seperempat, hehe.. tenang aja, gapapa kok berkacamata

      26 April 2012 pukul 05:47

  15. sarina

    kak, buku soal usm stis 2012 bisa dipesan ga? pengen beli tapi ga tau jalan ke kampus stis nya

    25 April 2012 pukul 17:12

    • Aditya Sudyana

      http://stis.ac.id/sema/artikel/index/74/buku-soal-dan-pembahasan-usm-stis-2012

      26 April 2012 pukul 05:49

  16. makasih brew.. bagus nih info…

    25 April 2012 pukul 19:42

  17. sarina

    ga bisa dipesan ya? di kirim ke rumah gitu misalnya

    26 April 2012 pukul 12:40

    • Aditya Sudyana

      sekarang bukunya udah habis dek

      27 April 2012 pukul 05:51

  18. mau nanya nih,
    ada pengaruh nya g pas kita udah milih jurusan yang diminati pas pendaftaran?
    karena berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, pas daftar itu belum ada spesifikasi jurusan yang diminati..

    jadi misalnya banyak yang milih statistika ekonomi, kemudian sedikit yang milih komputasi statistika…mungkin aja pas tes nilai nya sebenernya bagus tp krn kapasitasnya udah penuh di statistika ekonomi, jd g lulus? bisa g yang udah milih statistika ekonomi dialihkan ke komputasi statistika??
    mohon penjelasannya yah.. takut salah pilih nih…
    makasih sebelumnya ;)

    27 April 2012 pukul 18:29

    • Aditya Sudyana

      sebelumnya, karna ini emang baru pertama kali USM langsung penjurusan, jadi kk gak tau..

      selain gak punya pengalaman, kk jg bukan panitia USM..
      panitia USM itu dari para dosen, jadi itu rahasia dosen..
      mahasiswa pun gk ada yang tau.

      saran kk, pilih aja yang menurut km paling suka/kuasai jurusannya

      28 April 2012 pukul 08:00

  19. andhy

    kk saya udah daftar ni di STIS, cuma saya ragu sama tes kesehatan, soalnya saya punya luka bekas tattoo, gmna tuh

    28 April 2012 pukul 11:48

    • Aditya Sudyana

      kayaknya sih kalo bekas tattonya gk keliatan, gak apa-apa.. CMIIW

      28 April 2012 pukul 16:41

  20. vicky

    ka,kalau bahasa inggrisnya tidak fasih???

    28 April 2012 pukul 15:43

    • Aditya Sudyana

      gapapa dek

      28 April 2012 pukul 16:43

  21. andhy

    keliatan sih pasti kk, cuma kan kita bisa beralasan kalo itu bekas luka bakar, soalnya seperti itu keliatannya kk…

    trus itu tes kesehatan apa seperti tes kesehatan militer kk?

    30 April 2012 pukul 20:45

    • Aditya Sudyana

      sip.. bisa juga tuh dikasih penjelasan ke dokternya..

      tes kesehatan aja biasa.. no militer

      1 Mei 2012 pukul 07:27

  22. wisnu

    Halo kak, kalo pelajaran matematika di STIS itu hanya membahas statistika apa secara umum seperti SMA. Aku pengen masuk STIS tapi matematikanya tekor, lain halnya dengan B. Inggris yang sedikit lumayan….

    3 Mei 2012 pukul 07:57

    • Aditya Sudyana

      matematika di STIS itu jelas lebih mengarah ke Statistika…
      kalo kamu punya “kemauan dan tekad yang sangat super tinggi” buat masuk STIS, pasti bisa.. tp kalo gak punya itu, susah jadinya belajar di STIS kalo bekal matematikanya kurang..

      3 Mei 2012 pukul 09:38

  23. oki

    kakak matematikanya itu ada trigonometri ga ? ato integral trigonometri gidu ??

    15 Mei 2012 pukul 11:31

    • Aditya Sudyana

      dua-duanya ada

      24 Mei 2012 pukul 11:58

  24. David

    Kak,,mo tanya nihh,,
    klo jurusan yang lbih mudah di STIS dan jarang di DO apa y kak,,,mohon jawabannya kak..
    Makasi

    23 Mei 2012 pukul 07:43

    • Aditya Sudyana

      gak ada yang lebih mudah… dua-duanya sama-sama sulit dek.. tapi bisa jadi sedikit lebih mudah kalo serius belajar..

      24 Mei 2012 pukul 12:01

      • David

        Ohhhh gitu ea kak…
        Makasi kak ats info y…

        24 Mei 2012 pukul 14:59

      • David

        Mo nanya lgi nihh kak..
        Klo tes kesehatan masuk stis, apakah gigi ikut di priksa..??
        Klo y,,sprti apa aj kak.???
        Mksi sblum y.

        24 Mei 2012 pukul 21:38

  25. Aditya Sudyana

    HASIL USM STIS TAHAP 1 UDAH RILIS.. MONGGO DI CEK DI http://stis.ac.id/uploads/pmb/2012/pmb-2012-hasil-tahap-1.pdf

    ayo teman-teman, siapa aja nih yang lolos???? :-)

    25 Mei 2012 pukul 04:37

    • Mahella E

      Alhamdulillah lolos tahap 1.
      mau tanya sekalian. kalo tes kesehatan tu boleh ada gigi berlubang ga. biar bisa jaga2 aja.

      26 Mei 2012 pukul 05:50

      • Aditya Sudyana

        boleh-boleh (2011)

        26 Mei 2012 pukul 09:14

  26. kak, ak lolos seleksi tahap satu. ada saran buat ngadepin psikotes n wawancara ? mohon bantuannya ya kak. n satu lagi kak, berat badan harus ideal kah ?

    29 Mei 2012 pukul 09:31

    • Aditya Sudyana

      baca aja cerita USM kk yg tahap 2 di blog ini..

      29 Mei 2012 pukul 19:06

  27. novi

    kk mau tnya. untk tes kesehatan, tnggi bdn ma brat bdn ngaruh ngga si?

    10 Juni 2012 pukul 11:19

  28. mas gimana klw buat orang yg keluaran dari PAKET C ada peluang ngga mas

    15 Juni 2012 pukul 17:14

  29. widyasmara

    blognya bagus, infonya lengkap, makasi ya kak.. kak aku mau tanya kalau mata miopi pengaruh gak kak??? dan maksudmya Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain gimana ya kak?? kita gak boleh daftar di instansi ikatan dinas lainnya??

    26 Juni 2012 pukul 03:53

    • Aditya Sudyana

      yang jelas berkacamata gak apa-apa..

      itu maksudnya, klo lagi mau daftar di STIS, kita gak boleh lagi sekolah di kedinasan lain kayak STAN, STP, STIP, dan yang sejenisnya, karna sama-sama kedinasan..

      26 Juni 2012 pukul 05:41

  30. via

    kak . . .
    kalau gigi bolong bermasalah gak tu??
    pas tes kesehatan kemaren ada periksa giginya..

    26 Juni 2012 pukul 11:16

  31. Diana

    kak mau tanya dong.
    kalo misalkan selepas lulus STIS ditempatkan di tempat yang tidak kita harapkan, apa kita bisa menolaknya atau bagaimana ?

    27 Juni 2012 pukul 21:44

    • Aditya Sudyana

      Sebelum kuliah di STIS, bakalan disuruh tanda tangan Surat Perjanjian Ikatan Dinas, dimana isinya itu kita harus siap ditempatkan di BPS mana aja di seluruh Indonesia. Jadi klo kita tanda tanganin itu berarti kita harus siap ditempatin dimana aja. begitu.
      klo nolak, artinya melanggar perjanjian, dan kita harus ganti seluruh biaya pendidikan kita di STIS yang nilainya ratusan juta rupiah..

      28 Juni 2012 pukul 06:44

  32. Rocky Ade

    kakak, taun depan pengen masuk stis, tapi setelah baca syaratnya ada tidak buta warna, kalo buta warnanya parsial, bukan total (sekedar mbedain warna merah, hijau, kuning, biru, abu2, hitam, putih, coklat masih bisa) masih bisa di tolerir apa tidak kakak?
    terus pengalaman kakak selama ini belajar statistika di STIS apa banyak yang berhubungan dengan warna-warna??
    Terimakasih kakak, mohon pencerahannya :)

    29 Juni 2012 pukul 10:02

    • Aditya Sudyana

      masalah buta warna parsial, kk jujur aja kurang tau.. tp yg jelas buta warna itu gk boleh.. gitu..

      nah knp gak boleh buta warna tuh karna statistika pasti berhubungan sama yang namanya grafik, bar chart, pie chart, dsb.. klo buta warna pasti nantinya gak bisa bedain data.. –> ini analisis kk

      29 Juni 2012 pukul 11:50

      • Rocky Ade

        Oo berarti sekedar cuma buat membaca diagram/grafik yah kak??
        Kalo jurusan komputasi apa masih berhubungan dengan warna2?? Setau q kalo komputasi itu belajar bahasa pemrograman kan kak??
        Thanks CMIW

        30 Juni 2012 pukul 09:59

  33. Aditya Sudyana

    ya itu kan cuman analisis kakak aja…
    emang sih komputasi lebih ke arah pemrograman, tapi pasti ada sesuatu yang mengarah klo komputasi itu mesti gk buta warna..
    soalnya buat apa di persyaratan USM STIS tuh mesti gak buta warna, pasti ada sesuatu yang berhubungan sama itu, entah grafik atau lainnya

    30 Juni 2012 pukul 11:39

  34. ierfan

    kalo mata minus itu lulus tes kesehatan ga?

    6 Juli 2012 pukul 20:30

  35. Dian

    alhamdulillah lolos stis tahun ini kak. boleh tanya gak biaya hidup disana itu gimana?kos dan lain sbagainya.trus ada silabusnya gak yaa. pengen tau yang dipelajarin di stis tahun pertama ini terima kasih bantuannya kak :)

    7 Juli 2012 pukul 06:53

    • Aditya Sudyana

      biaya hidup ya lumayan lah, agak mahal, karna di jakarta. tapi tergantung jg sih daerah km itu kyk gmn biaya hidupnya..
      kk gak tau di tahun pertama ini kamu bakal pelajarin apa, soalnya kan kalian udah dijurusin ke jurusan komputasi/statistika.. klo kk kan tahun kemaren belom pejurusan. jadi pasti beda pelajarannya

      7 Juli 2012 pukul 09:09

  36. Siti Zakiyah

    kak nilai matematik & b.Inggris semester 1 aja kan?

    12 Juli 2012 pukul 13:50

  37. makasih banyak ya kak infonya..hehe
    Hmm kayaknya udah gaada pertanyaan lg dr saya. Semuanya udah di tanyain ama yg di atas dan udah dijawab pula.. :)
    Insyaallah tahun depan saya lulus SMA & akan masuk STIS. amiin… :D

    19 Juli 2012 pukul 12:11

  38. hari

    kalo utk masalah umur maksimal nya berapa utk masuk stis?
    dan misalkan pake ijazah paket c apakah bisa diterima?
    saya butuh sekali jawaban nya, tks.

    25 Juli 2012 pukul 10:19

    • Aditya Sudyana

      kalo gak salah 22 tahun maksimalnya..
      kalo ijazah kurang tau, yg jelas minimal nilai matematika sama bahasa inggerisnya terpenuhi

      28 Juli 2012 pukul 13:49

  39. widya

    Berminat pertama’y pas dnger dri temen..
    Pas bnget dengan aku yg suka dengan mapel matematika.. Tapi aku jurusan IPS :(

    26 Juli 2012 pukul 21:56

    • Aditya Sudyana

      masih banyak kok jalan menuju sukses selain STIS.. semangat :D

      28 Juli 2012 pukul 13:50

  40. hanifah

    kak mau tanya kalau masuk STIS itu jumlah calon didik yang diterimanya berapa orang? terus peminatnya berapa orang? soalnya takut juga
    oh ya kalau misalnya kita dapet undangan tapi pengen tes di stis ga apa-apa kan?

    29 Juli 2012 pukul 21:35

    • Aditya Sudyana

      jumlah calon didik dan jumlah peminat bervariasi tiap tahun, tapi selalu nambah. tahun 2012 aja ada sekitar 28000 peminat dan yg diterima sekitar 500.

      gapapa, dapet universitas lebih dari 1 itu udah biasa dikalangan orang2 yg udah lulus SMA.. yg jelas kalo mau STIS (kalo seandainya dapet), ya harus ngelepas yg lain

      30 Juli 2012 pukul 04:10

  41. syamsu pratama

    aslmkm.wr.wb
    kak bisa jelasin pelajaran apa aja yang masuk kategori pelajaran inti dan bukan inti?

    3 Agustus 2012 pukul 07:39

    • Aditya Sudyana

      kurang tau juga masalah pengkategoriannya kayak gimana.. tapi dikasih tau kok kalo di semester ini mata kuliah intinya apa aja dan non intinya apa aja.. biasanya yang sifatnya penting dan mahasiswa wajib bisa, itu pasti jadi matkul intinya

      3 Agustus 2012 pukul 11:14

  42. meity

    Makasih bnyak atas infox…..@

    4 Agustus 2012 pukul 08:59

  43. ass. numpang nanya,kalo jurusan ips bisa gk ikut tes ??

    8 Agustus 2012 pukul 19:05

  44. mau tanya nih, kalau IPS kira2 boleh gak ya ?

    9 Agustus 2012 pukul 06:42

    • Aditya Sudyana

      udah jelas di postingannya :)

      12 Agustus 2012 pukul 03:43

      • dita

        emang stis tiap tahun terima mahasiswa baru ? :)

        14 November 2012 pukul 09:09

      • Aditya Sudyana

        sekitar 450an

        15 November 2012 pukul 20:09

  45. riswano

    kaka kenapa sedikit ya yang di terimanya…..cuman 500

    11 Agustus 2012 pukul 11:10

    • Aditya Sudyana

      soalnya gak mungkin nerima banyak, kan kapasitas gedungnya aja cuman muat buat sekitar 500 orang per angkatan.. dan lagi pula memang gk perlu banyak yang keterima.. nanti PNS jadi membludak

      12 Agustus 2012 pukul 03:45

  46. wini apriliani

    Kaka mau tanya dong

    Kalau type soal masuk STIS setiap tahunya selalu berbeda apa mirip mirip ?

    Terus waktu kuliahnya matematika yg di pelajari itu yg kyk gimana ka? Susah susah ga sih ?

    Mohon infonya ya ka :) makasih

    17 Agustus 2012 pukul 16:23

    • Aditya Sudyana

      type nya gak beda jauh kok, hampir mirip..

      trus masalah susah enggaknya, itu tergantung kemampuan masing-masing.. ada yg merasa kesulitan, ada juga yang sebaliknya

      23 Agustus 2012 pukul 06:39

  47. Aya

    kak mau nanya kalo misalkan gigi kita pernah patah ntar bakalan ngaruh dites kesehatanya ga? tlg d jwb yaa kak

    22 Agustus 2012 pukul 09:30

    • Aditya Sudyana

      InsyaAllah gak ngaruh.. karna waktu tes dulu, kk jg giginya bolong

      23 Agustus 2012 pukul 06:40

  48. Aya

    O iya mau nanya lagi kak sekarang kita nentuin jurusannya sendiri ya? terus soal tesnya bakalan benda ga ditiap jurusan yg kita pilih atau sama aja kak?

    24 Agustus 2012 pukul 18:04

    • Aditya Sudyana

      kurang tau nih.. soalnya mulai 2012, tingkat 1 nya udah di-jurusin. sedangkan kk dulu belom ada penjurusan di tingkat 1….

      29 Agustus 2012 pukul 17:12

  49. alex

    gaji pegawai BPS gede ga sih mas Bro??

    26 Agustus 2012 pukul 07:32

    • Aditya Sudyana

      InsyaALlah Gede

      29 Agustus 2012 pukul 17:12

  50. kalo untuk penempatan kerjanya itu apa acak?

    27 Agustus 2012 pukul 10:57

    • Aditya Sudyana

      acak. tapi untuk yang berprestasi, insyaAllah bisa milih

      29 Agustus 2012 pukul 17:13

  51. fajrin

    ka, saya mau tanya, kalo stis itu emang kalo udah lulus kita tetep punya perjanjian kerja selama 5 taun untuk ga nikah/punya anak?

    29 Agustus 2012 pukul 21:34

    • Aditya Sudyana

      insyaAllah enggak kok, yg gk boleh nikah tuh pas kuliahnya aja

      30 Agustus 2012 pukul 03:56

  52. yaya

    kk,,boleh tanya ngak?? kalau kelebihan berat badan trus ama pernah rutin ngerokok selama 1 tahun masih bisa ngak lulus STIS??

    15 September 2012 pukul 17:15

    • Aditya Sudyana

      yang penting skarang udah gak ngerokok lagi, gpp kayaknya..

      15 September 2012 pukul 20:02

  53. dwi ayuni

    kak, ini aku dwi ahyuni dari kota sekayu SUMSEL, nah jadi gini. saya itu sangat tertarik untuk kuliah si STIS, saya selalu buka info tentang STIS. nah, banyak yang ingin saya tanyakan untuk pendaftaran STIS tahun ajaran 2013-014
    adakah nomer hp atau contact person lainya yang bisa saya hubungi ?

    24 September 2012 pukul 17:33

  54. Adib Wicaksono

    kak kalau lulusan SMK TI bisa ikut daftar gak…

    28 September 2012 pukul 07:18

    • Aditya Sudyana

      entahlah.. tapi sampe saat ini, yang boleh ikut cuman lulusan SMAN/MAN/sederajat yang jurusan IPA

      3 Oktober 2012 pukul 06:11

  55. Aya

    kaak ada kabar terbaru lagi tentang sistem pemilihan jurusan yg di awal itu?

    14 Oktober 2012 pukul 08:40

    • Aditya Sudyana

      Info terbaru: tahun 2012 kemarin, semua mahasiswa baru belum dapet penjurusan. Penjurusan itu baru ada di tingkat 2.

      19 Oktober 2012 pukul 06:18

  56. Setyo

    Kak, Jurusan IPS boleh nggak kak…..masuk STIS

    21 Oktober 2012 pukul 04:50

  57. alwi al haddad

    Kak , mata kuliah intinya itu apa aja ?

    6 November 2012 pukul 19:44

  58. david

    mau tanya proses pembelajaran di stis itu bagaimana? sibuk sekali apa sampai begadang begadang misalnya
    dosen nya gmn killer killer gak kak?
    mau tanaya apa bnr kita itu di tekan sekali belajar disana?
    tlg dijawab ya
    makasih

    7 November 2012 pukul 12:49

    • Aditya Sudyana

      biasa aja kok, enggak terlalu sibuk.. itu tergantung bagaimana menyikapinya aja..
      dosennya baik-baik dan ramah..

      8 November 2012 pukul 06:15

  59. Dara

    Kak, kalau tes kesehatan stis itu termasuk kesehatan gigi gak sih kak? Kalau gigi berlubang berpengaruh gak sama kelulusan tes? soalnya tahun depan aku mau masuk stis kak :)

    12 November 2012 pukul 22:19

    • Aditya Sudyana

      enggak kok… saya juga dulu giginya berlubang segede biji jeruk, tapi masih masuk stis kok :)

      15 November 2012 pukul 20:08

  60. dita

    aku sangat berharap disini:(

    14 November 2012 pukul 09:08

  61. hai kaa
    thank infonya
    tahun 2011 aku pernah ikut test, tapi masih gagal
    hm .. sebenarnya pengeeeeen banget deh kuliah di stis
    tp ko sulit ya
    pngalaman kk pas ujian gimana? :)

    15 November 2012 pukul 09:09

    • Aditya Sudyana

      pengalaman? baca aja cerita saya di postingan sebelah hehe

      15 November 2012 pukul 20:11

  62. nita corinta

    dari ips gak bisa donk kak….

    15 November 2012 pukul 19:01

  63. Dara

    Kak, seberapa besar sih peluangnya bisa keterima di stis? kan pesaingnya banyak banget…:)

    16 November 2012 pukul 17:54

    • Aditya Sudyana

      kalo mau tau kasarnya, peluang buat masuk STIS itu = quota diterima / banyaknya pendaftar.
      kalo diasumsikan quota yang diterima 450 dan pendaftarnya ada 28000, berarti estimasi peluangnya 0,01607 atau 1,607 %

      18 November 2012 pukul 05:46

  64. uswatun

    kk,,test math, toefl, dll itu digabungin semua ato ada nilai mati per materi kaya di STAN ga?
    terus, kalo ada nilai mati, minimal jawab bener berapa ka?? soalnya aku pengen ke STIS, tapi ga tau toeflnya berapa… :)

    17 November 2012 pukul 10:06

    • Aditya Sudyana

      tenang aja, gak ada nilai mati.. dan soalnya per materi, jadi gak digabung

      18 November 2012 pukul 05:48

  65. hmm gitu, haha
    oke oke
    tahun depan harus lolos dan kuliah di stis
    biar bisa ktmu kaka juga
    ok thanks buat infonyahh :D

    18 November 2012 pukul 11:35

    • Aditya Sudyana

      iya sama-sama :-)

      20 November 2012 pukul 06:32

  66. haha ada yang random, ada juga yang lurus nanyanya, semangat ya kaka adit buat ngejawab haha

    20 November 2012 pukul 21:15

    • Aditya Sudyana

      sepertinyaaa ini…… ah sudahlah hehe

      okeeee semangatt buat sayaaaa :D

      21 November 2012 pukul 07:44

  67. uswatun

    owh gitu k??
    brti lolos tdknya tergantung saingannya k??
    doanya ya k, biar bisa nyusul ke EsTeIEs…. aamiinnn…. :)

    21 November 2012 pukul 15:24

    • Aditya Sudyana

      iyaa betulll..

      aminn :)

      22 November 2012 pukul 05:04

  68. min, penjurusannya itu didasarkan sama apa? minat apa kemampuan?
    Saya pinginnya sih masuk STIS yang komputasi, gak pengen yang ekonomi ato kependudukan :(

    21 November 2012 pukul 18:42

    • Aditya Sudyana

      Penjurusan diprioritaskan sama minat terlebih dahulu.

      di akhir tingkat 1 ada penjurusan, mahasiswa disuruh mengisi form untuk memilih ingin ke jurusan mana.. kalo kita minat ke jurusan tertentu, ya otomatis kita masuk ke jurusan itu.. tapi kalo kita gak ngisi form itu, berarti kita siap diterima dimana aja.. dan disitulah baru kemampuan dilihat, kalo kira2 kemampuan kita memenuhi di Komputasi, ya pihak STIS pasti menjebloskan kita ke komputasi.. demikian

      22 November 2012 pukul 05:11

  69. reza

    yang penting rajin2 belajar

    23 November 2012 pukul 16:20

  70. kak.. kan kuota penerimaan MABA sekitaran 400 tuh..
    itu diterimanya berdasarkan perangkingan nasional hasil tes akhirnya atau ada kuota per daerah ?

    mohon infonya :)

    23 November 2012 pukul 22:46

    • Aditya Sudyana

      itu berdasarkan perangkingan.. tidak ada quota per daerah (insyaAllah, itu kalo menurut saya)

      25 November 2012 pukul 06:34

  71. boleh tanya, kalau bisa detail dijawabnya, kasih link kalo perlu yaa, maaf karena saya butuh banget informasi ini..

    katanya.. kalau di STIS, semisal DO gitu juga ada ganti rugi ya? misal DO di semester 1 bayar 90jt, smstr 2 bayar 120jt, smstr 3 150jt, sampe semester akhir ada seperti itu ya? katanya sampai buat perjanjian bermaterai segala untuk hal ini?
    bisa dijelaskan gak? kalo benar itu kategorinya kaya apa sih sampe harus ganti rugi seperti itu?

    terimakasih sebelumnya :))

    24 November 2012 pukul 22:35

    • Aditya Sudyana

      kalo enggak salah: Jadi kalo DO karena akademik yang menurun yang gak memenuhi kriteria STIS, itu gak ganti rugi.. kalo DO karna sakit berat, itu juga gak ganti rugi.. yang ganti rugi itu kalo misalnya dengan sengaja mengundurkan diri..

      25 November 2012 pukul 06:37

  72. ayu sandry

    kak mau nanyak nihh..
    kalau nilai ujian klz XII smstr 1 udah terpenuhi sama syarat pendaftaran nya, apa masih ada tes tertulisnya kak?

    mkcihh kak sblumnya,, :)

    25 November 2012 pukul 00:29

    • Aditya Sudyana

      ya tetap ada :-)

      25 November 2012 pukul 06:38

  73. ayu sandry

    ooo..
    gto iya kak,
    mkcih ea kak tas info ny,, :)
    doain ea kak tahun depan masuk stis..

    26 November 2012 pukul 18:34

  74. Kampus STIS selain di jkt ada ?

    28 November 2012 pukul 18:41

    • Aditya Sudyana

      cuman ada di jakarta

      30 November 2012 pukul 10:57

  75. diyah

    ka saya mau nanya.
    disitu di cantumkan kalau syarat masuk stis adalah lulusan SMA IPA.
    saya lulusan SMK akuntansi, apakah bisa masuk stis??

    terima kasih

    15 Desember 2012 pukul 12:34

    • Aditya Sudyana

      kayaknya gak bisa

      15 Desember 2012 pukul 18:14

  76. diah

    kak, mau nanya soal tes kesehatan itu kan tinggi dan berat badan diperhitungkan. kira kira berapa tinggi minimum yang harus dimiliki untuk calon mahasiswa

    24 Desember 2012 pukul 09:22

    • Aditya Sudyana

      memang dites untuk berat dan tinggi badan.. tapi sepertinya gak terlalu berpengaruh, karna ada mahasiswa stis yang terlalu kurus, ada juga yang terlalu gemuk, ada juga yang terlalu pendek, dan ada yang terlalu tinggi..

      24 Desember 2012 pukul 19:14

  77. Ahmad Bani H

    Kak, mau tanya dong. soal gaji setelah lulus, Kalo saya browsing gaji PNS gol 3A 2012 sekitar 2,1jt. Nah, kalo udah kerja di BPS. Itu ada dapet tunjangan2 lain gak sih???kayak tunjangan apa gitu…
    Trus kalo emangnya ada, gede gak kak?, Kisarannya aja kak..
    Juga, katanya tiap tahun gajinya naek gak kak?
    Trus, berapa kira2 Total gaji + tunjangan2 Nya… :D
    Makasih, Maap pertanyaannya menjurus.. :D

    26 Desember 2012 pukul 00:27

    • Aditya Sudyana

      jujur aja, saya juga gak tau, masih mahasiswa, blom tau tentang begituan hehe

      26 Desember 2012 pukul 06:08

  78. Tyas

    Kak, hidup di jakarta pakeuang 850 cukup gak ya? apa perlu orang tua kasih uang jajan tambahan?

    27 Desember 2012 pukul 19:16

    • Aditya Sudyana

      semuanya tergantung pengelolaan keuangan dari masing-masin orang..

      kalo saya pribadi, kurang..

      tapi kalo yang lain, ada yang berlebih juga..

      28 Desember 2012 pukul 07:40

  79. maaf ka mau nanya, pembukaan pndaftaran stis biasanya dibuka’a kpn ya ka? trus test tahap 1 kpn?
    makasihh balesannyaaa :)

    28 Desember 2012 pukul 21:06

    • Aditya Sudyana

      pendaftaran sekitar maret-april, trus tesnya sekitar mei-juni

      29 Desember 2012 pukul 09:26

  80. kak, kalo misalnya udah lulus terus kerja di bps yg jauh, nanti bisa mutasi ke kota/kabupaten lain nggak sih?

    30 Desember 2012 pukul 11:38

    • Aditya Sudyana

      bisa.. tapi itu butuh prosesnya juga, entah kayak gimana prosesnya, soalnya belum kerja di bps

      30 Desember 2012 pukul 20:21

  81. kuliahnya susah nggak kak? masih ada waktu buat libur kan kak?
    oh iya materinya yg harus di kuasai apa aja kak klo mau masuk sana dan kuliah disana?
    mau siap2 belajar nih kak biar bisa masuk stis :D

    31 Desember 2012 pukul 15:47

    • Aditya Sudyana

      susah eggaknya bergantung masing2 pribadi.
      liburan ya ada lah..

      yang penting lulus usm stis, itu aja, selanjutnya ya mengikuti aja..

      31 Desember 2012 pukul 18:15

  82. fajar

    thanks

    1 Januari 2013 pukul 17:49

  83. fajar

    kak ikatan dinas itu berarti kalo udah kerja harus di BPS terus dong sampe pensiun??

    1 Januari 2013 pukul 18:04

    • Aditya Sudyana

      kerja di BPS emang harus, dan wajib selama masa kerja yang udah disepakati di perjanjian ikatan dinasnya, kalo udah berbakti ke BPS selama masa baktinya, setelah itu boleh kalo mau keluar dari BPS

      1 Januari 2013 pukul 21:53

      • fajar

        maaf masa baktinya itu berapa tahun kak??

        1 Januari 2013 pukul 23:23

      • Aditya Sudyana

        2 kali masa kulian. kalo kuliahnya 4 tahun, berarti masa baktinya 8 tahun

        2 Januari 2013 pukul 04:50

  84. Ahmad Bani Haryono

    Kak, saya mau tanya dong. Soal aturan2 di STIS.
    Klo di STIS, apa rambut mahasiswanya harus model cepak2 botak gitu? kayak militer atau bebas boleh panjang rambutnya. ???

    trs kak, anak2 STIS itu gimana sih? Model2 suka ada kekerasan, atau anak2-nya itu soleh2 , atau gimana lah? *hehee

    2013 ini STIS bisa DIPASTIKAN menerima Maba atau enggak?

    Anak2 STIS waktu mau penjurusan itu, biasanya pada berebut milih yg jurusan komputasi atau yg statistika nya kak?

    Sama ini, kalo misalnya nge-kost di daerah STIS itu, daerahnya rawan tindak kriminal atau enggak? soalnya kan baru2 ini ada kasus penodongan gitu…
    takutnya daerahnya serem …wkwkwkw

    Heehehe,,, maap kalo nanya-nya kebanyakan.. :D

    2 Januari 2013 pukul 00:03

    • Aditya Sudyana

      aturan rambut harus pendek (tidak harus cepak).

      gak ada kekerasan sama sekali.anak2nya baik2 malah.

      insyaAllah tahun ini terima maba.

      milih jurusan gak berebutan. mahasiswa cuman pilih jurusan, tapi yang nentuin masuk/enggaknya pihak kampus

      beberapa daerah emang ada yang rawan maling, jadi harus tetep waspada. tapi keseluruhan oke kok

      2 Januari 2013 pukul 04:55

  85. fajar

    ohiya kak kalo misalkan udah wisuda dan kerja nanti kerjanya kaya gimana?? apa kita dari pintu ke pintu kaya tukang sensus gitu?? hehe

    2 Januari 2013 pukul 06:09

    • Aditya Sudyana

      kerjanya kantoran. tapi sewaktu-waktu bisa juga mencacah langsung

      4 Januari 2013 pukul 09:23

  86. Dara

    kak.. buku usm stis 2013 ada gk? Gmn cara belinya? :)

    4 Januari 2013 pukul 13:23

    • Aditya Sudyana

      ada… tapi belom terbit, jadi ditunggu aja ya..
      info lebih updatenya bisa dipantau terus web ukm bimbel stis http://ukmbimbelstis.com

      5 Januari 2013 pukul 06:33

  87. hasna barokah

    doain aku yah ka tahun sekarang agar bisa masuk STIS :)

    4 Januari 2013 pukul 23:40

    • Aditya Sudyana

      semoga diberikan yang terbaik :-)

      5 Januari 2013 pukul 06:33

  88. Dara

    kak, tahun ini msh diadain gk try out utk masuk stis? gmn cara ikutnya? trus ada gak bimbel khusus untuk masuk stis?

    5 Januari 2013 pukul 21:23

    • Aditya Sudyana

      Insya Allah ada semua.

      semua pertanyaan kamu, insyaAllah jawabannya di situs ini http://www.ukmbimbelstis.com

      6 Januari 2013 pukul 05:47

      • maya

        ka, mau nanya kalo ngekos yg dket kampusx ad ga ka?trus bgimana sama biaya kosx mahal gak?

        6 Januari 2013 pukul 22:34

      • Aditya Sudyana

        ada, banyak kosan kok si sekitar kampus.. biayanya bervariasi, ada yg murah ada juga yang mahal banget

        7 Januari 2013 pukul 05:56

  89. kak followback ya mau banyak tanya nih tentang STIS makasih @Lirilarst

    9 Januari 2013 pukul 10:22

  90. winae

    ka mau tanya, kalo seleksi STIS mkan ada tes kesehatan,aspeknya apa aja ya? saya punya penyakit paru-paru, kalau harus dirongent pasti ke-detect.

    10 Januari 2013 pukul 02:03

    • Aditya Sudyana

      kalo itu kurang tau juga.. tapi ada tes rontgen.. mungkin kalo sakit paru-parunya gak parah-parah amat, mungkin lulus kali

      11 Januari 2013 pukul 12:46

  91. uswatun

    pendaftarannya mulai kapan kak, biasanya???
    piagam disertakan gak?
    thanks a lot ka :)

    11 Januari 2013 pukul 12:33

    • Aditya Sudyana

      pendaftaran usm stis dibuka mulai dari bulan maret..
      maksudnya piagam?

      11 Januari 2013 pukul 12:47

  92. putri rizki a

    kak, yang dimaksud dengan pendaftaran melalui jalur maba tu apa ya ? kalo mahasiswa dari riau tahun kmrin ada brapa orang kak?

    11 Januari 2013 pukul 17:27

    • Aditya Sudyana

      jadi ada 3 jalur pendaftarannya..

      1. reguler. ini ikut USM STIS seperti biasa, ada 3 tahapan test.

      2. PMDK, ini hanya untuk daerah2 tertentu saja

      3. Tugas Belajar.

      12 Januari 2013 pukul 19:37

  93. uswatun

    Piagam2 kejuaraan gitu kak,, bisa buat nambah nilai gak? hehe :D

    12 Januari 2013 pukul 19:51

    • Aditya Sudyana

      usm tahap 1 gak butuh berkas apa-apa, bahkan nilai rapot pun baru disetor pas abis lulus tahap 1..

      13 Januari 2013 pukul 05:48

  94. syifa fauziah harly

    ada standar minimal tinggi badannya ga ka?

    14 Januari 2013 pukul 15:11

    • Aditya Sudyana

      sepertinya gak ada

      14 Januari 2013 pukul 20:55

  95. nia

    maaf ka’ mw nayak.. kalo PMDK buat daerah Jatim (Surabaya) kira2 ada ga?

    17 Januari 2013 pukul 20:42

    • Aditya Sudyana

      tidak ada

      17 Januari 2013 pukul 20:50

  96. heri

    Saya mau tanya nih kak Adit,di STIS itu tes kesehatannya termasuk tes panca indra apa nggak kak ?

    21 Januari 2013 pukul 17:21

    • Aditya Sudyana

      maksudnya panca indra? kalo yang dimaksud tes mata ada, itu tes buta warna.. kalo tes panca indra lainnya kurang tau, tergantung kebijakan rumah sakit masing2

      23 Januari 2013 pukul 09:03

  97. indra

    kak, biasany buku Kopma STIS terbitnya bulan apa?
    makasi.

    22 Januari 2013 pukul 18:45

    • Aditya Sudyana

      maret.

      23 Januari 2013 pukul 09:05

  98. ayu sandry

    KAK kalau boleh tau pendaftaran buat tahun 2013/2014 kapan kak.

    23 Januari 2013 pukul 13:38

    • Aditya Sudyana

      Awal Maret

      23 Januari 2013 pukul 16:42

  99. putri rizki a

    kak, tinggi badan berat badan pengaruh nggak ? kalo gendut gmana?

    23 Januari 2013 pukul 19:34

  100. Fikri Nurfauzi

    Kak, Lulusan SMK akuntansi gak bisa masuk STIS ya?

    24 Januari 2013 pukul 05:40

    • Aditya Sudyana

      gak bisa

      24 Januari 2013 pukul 15:35

  101. ayu sandry

    ujianna tu di 33 provinsi khn kk.. :)

    25 Januari 2013 pukul 08:40

    • Aditya Sudyana

      iya

      25 Januari 2013 pukul 09:43

  102. uswatun

    Kak, STIS kebanjiran gak kak?
    unfortunatelly, akhirnya aku dilarang ke STIS gara-gara berita banjir jkt kemaren :'(
    padahal pengen bangeettt….. :/

    26 Januari 2013 pukul 17:06

    • Aditya Sudyana

      yang kebanjiran itu di kampung melayu, STIS enggak

      28 Januari 2013 pukul 14:42

  103. Ichal

    Makasih infonya

    27 Januari 2013 pukul 09:11

  104. nadhyra

    misi kak. aku minat masuk STIS krn banyak kelebihannya. aku mau nanya, tes tertulisnya susah bgt gak sih? soal mtk nya kyk gmn aja? ada tips bljr drmn gt gak kak biar bs keterima? trs mau nanya jg, berat badan harus ideal atau engga? thx kak. :)

    31 Januari 2013 pukul 19:01

    • Aditya Sudyana

      sulit tidaknya tergantung dari seberapa usaha kamu untuk giat belajar..
      soal-soalnya soal SMA Ipa semua..
      Tipsnya, banyak belajar, berusaha, dan berdoa :)
      berat badan tidak wajib ideal

      31 Januari 2013 pukul 22:06

      • nadhyra

        misalkan aku keterima di PTN, tp mau nyoba STIS jg. itu boleh ga kak?

        2 Februari 2013 pukul 21:57

      • Aditya Sudyana

        boleh

        6 Februari 2013 pukul 07:44

  105. ema

    kalau syarat pendafatran yang tahun 2013 ini gimana kak????

    6 Februari 2013 pukul 17:01

    • Aditya Sudyana

      silakan cek ke http://stis.ac.id

      11 Februari 2013 pukul 10:04

  106. IAN

    tinggi badan bepara yg bisa diterima?

    7 Februari 2013 pukul 11:08

    • Aditya Sudyana

      sepertinya tidak ada batas tertentu. CMIIW

      11 Februari 2013 pukul 10:04

  107. indika

    KAK tanya dong kalo mata kuliah semester 1 dan 2 di stis itu apa aja ??

    9 Februari 2013 pukul 18:43

    • Aditya Sudyana

      nanti kamu tau sendiri kalo udah lulus USMnya :-)

      11 Februari 2013 pukul 10:05

  108. ian

    dyt, qlw lulusan smk jurusn komputer dn jaringan bisa ga masuk stis ?
    di jawabb yaa !

    11 Februari 2013 pukul 21:27

    • Aditya Sudyana

      gak bisa.. cumaan buat sma ipa

      12 Februari 2013 pukul 19:21

  109. IAN

    Alasanya apa ? tohgg kan ada jurusan komputasi statistik yg sy baca jurusan ini kyakya mengarah ke buat program ! dyt…. emang ga bisa skalii yaa :( (padahalll ngaareepp bnyakk bsa masuk d stis :(

    13 Februari 2013 pukul 14:22

    • Aditya Sudyana

      STIS itu sekolah tinggi yang nantinya akan menciptakan statistisi-statistisi bagi negara. jadi wajib untuk mempelajari ilmu statistika.

      komputasi statistika hanya materi tambahan saja. tetapi pada intinya balik lagi ke ilmu statistika itu sendiri

      15 Februari 2013 pukul 20:21

  110. fridyna intan

    kak mau tanya peluang jadi siswanya STIS berapa persen yaa ? boleh tanya2 yg lain nggak kak ?

    15 Februari 2013 pukul 17:58

    • Aditya Sudyana

      sekitar 1 banding 70
      boleh

      15 Februari 2013 pukul 20:18

    • Aditya Sudyana

      sekitar 1 banding 70

      iya boleh

      15 Februari 2013 pukul 20:18

  111. putry

    kak…mo nanya … di STIS itu bener2 gratis kan? serius gada biaya apa2 lg sedikitpun kecuali pendaftaran 225 ribu? termasuk seragam gratis?
    terus jadwal belajarnya sampe jam berapa n weekend libur gak,?
    terus bagi anak luar daerah jkt kn harus nge kos…kira2 abis berapa per bulannya?
    soalnya saya kalo mau tgl disitu kan butuh biaya jg..apa 850 ribu itu cukup ya..? ga mau bebanin ortu jg soalnya…kira2 klo sekolah disitu sambil nyari part time job bisa gak ka? mohon info nya kak..please..thank you ka.

    15 Februari 2013 pukul 20:23

    • Aditya Sudyana

      selain biaya 225ribu, juga ada biaya di awal sekitar 2-3 juta (untuk keperluan sragam, ospek, dan kegiatan kemahasiswaan).. setelah itu benar2 gratis.

      kosan di sana bervariasi, ada yang murah banget, ada yg mahal banget..

      bisa cari kerja part time, sesuai kemampuan dan niat..

      kuliah sekitar rentang jam 7.30 sampai 16.00

      15 Februari 2013 pukul 20:28

      • putry

        oh gitu..thanks ka infonya!!
        dan sepertinya nasib saya bukan di stis. . . .hehehe…..thanks skali lg..salam kenal…:)

        15 Februari 2013 pukul 20:48

  112. Kak kalo buta warnanya parcial alias sebagian? Kalo sekedar bedain warna grafik bisa lah

    16 Februari 2013 pukul 06:04

    • Aditya Sudyana

      kurang tau

      19 Februari 2013 pukul 12:14

  113. reigi suci

    ada yang universitas’a di bandung gg kak?

    24 Februari 2013 pukul 10:31

    • Aditya Sudyana

      STIS cuman ada di jakarta

      25 Februari 2013 pukul 06:57

  114. nana

    Kak,, FB nya apa? biar bisa tanya2 :)

    26 Februari 2013 pukul 14:09

  115. Kak Mau Tanya?

    Nilai Rapor dari Smester 1 d SMA Berpengaruh Gax?

    Truzz, Nilai Matematika d Rapor SMA dari smester 1 sampai 6 Haruskah Standar n gak boleh Turun?

    6 Maret 2013 pukul 19:53

    • Aditya Sudyana

      gak ngaruh.. yang penting lulus usmnya aja

      9 Maret 2013 pukul 12:20

  116. Maksudnya, Ngaruh Pas Pendaftaran Masuk STIS

    6 Maret 2013 pukul 19:56

  117. husni

    brarti klo mau msuk STIS hrus lulusan IPA ya

    8 Maret 2013 pukul 11:01

    • Aditya Sudyana

      iya harus ipa

      9 Maret 2013 pukul 12:20

  118. terimakasih infonya, mau tanya nih… Emang abis lulus kan kerja 2x masa kuliah (8th) nah dalam masa kerja itu emang ga boleh nikah ya?

    terus jurusan ekonomi tuh kaya gimana? apa nanti kerjanya survey2 ke pasar2 gitu? atau di dalam ruangan? makasih..

    19 Maret 2013 pukul 15:36

    • Aditya Sudyana

      boleh nikah. yang gak boleh nikah itu kalo masih kuliahnya.

      jurusan statistika ekonomi ya kerjanya tentang perstatistikan negara yang berbau ekonomi, mengenai teknisnya, saya sendiri juga blum tau karna masih kliah

      20 Maret 2013 pukul 05:19

      • hehe.. makasih, oya saya mau tanya lagi dong:
        1. kalo misal keterima undangan SNMPTN, kan itu pengumumannya sebelum daftar ulang psikotes STIS, kalo misal nih sya milih undangannya, ga daftar ulang gapapa?

        2. kalo saya ga keterim undangan dan lanjut ke ujian psikotes stis, sya kan daftar ulang, nah sya coma ikut SBMPTN, dan pengumuman SBMPTN kan sebelum ujian 3, apa boleh sya ga ikut ujian 3 krn sya ikut SBMPTNnya? tqvm ^^

        22 Maret 2013 pukul 12:38

      • Aditya Sudyana

        1. gapapa, berarti kamu milih snmptn undangannya. stisnya dibuang

        2. ya intinya kalo kamu ngelewatin 1 step aja di usm stis, berarti dianggap gak lulus usm stis.

        6 April 2013 pukul 13:22

  119. kak, kalau dinyatakan lulus ujian tahap I tapi keterima snmptn undangan, gimana ya?tetap wajib ikut tahap selanjutnya?makasih sebelumnya kak..

    19 Maret 2013 pukul 17:15

    • Aditya Sudyana

      ya tidak masalah, tapi kalo kamu gak ikut tahap selanjutnya, ya kamu gak lulus usm

      20 Maret 2013 pukul 05:16

  120. caiyanie_amai@yahoo.com

    Aku sbelll lulusan SMK gag bsa masuk di STIS tto kak?

    19 Maret 2013 pukul 22:56

  121. citra anggana

    kak boleh minta cp kakak ga?

    20 Maret 2013 pukul 06:14

  122. diyah

    kak nanti tes nya dimana sih harus di jakatta ya ?

    20 Maret 2013 pukul 11:32

    • diyah

      kak tar kirimin informasi terbarunya ke email ku ya !

      20 Maret 2013 pukul 11:37

  123. Makasih banget infonya.. :)
    Doain ya kak biar aku juga bisa masuk STIS..

    Amieen..

    20 Maret 2013 pukul 14:52

  124. zaid

    kalo di stis itu boleh gondrong gak kak?

    20 Maret 2013 pukul 14:58

    • Aditya Sudyana

      gak boleh gondrong

      6 April 2013 pukul 13:19

  125. fitri

    kak, mau tanya,,,
    bedanya statistika ekonomi dan statistika kependudukan itu gimana ya???
    terus antara 2 itu yg paling bnyak diminati yg apa??
    trimakasih..

    23 Maret 2013 pukul 09:17

    • Aditya Sudyana

      cuman beda di kependudukan sama ekonominya aja, yang satu fokus ke arah sosial kependudukan negara, satunya lagi fokus ke ekonomi

      6 April 2013 pukul 13:23

  126. Nurin

    kalau pakai kacamata boleh ngga kak kira-kira?

    1 April 2013 pukul 19:15

    • Aditya Sudyana

      boleh

      6 April 2013 pukul 13:24

  127. elfiana

    kak Adit, kamu jurusan apa kak? trus skarang smester brapa?
    btw, ada asramanya gak sih kak? :))

    3 April 2013 pukul 12:45

    • Aditya Sudyana

      jurusan komputasi. gak ada asrama

      6 April 2013 pukul 13:24

  128. Rohani

    Apa ngekos ny tnggung sndri??

    4 April 2013 pukul 20:35

    • Aditya Sudyana

      iya ditanggung sendiri

      6 April 2013 pukul 13:25

  129. satriyo

    kak mau nanya nih…
    hasil tes kesehatannya tu tentang apa saja?

    11 April 2013 pukul 19:02

    • Aditya Sudyana

      umumnya tentang cek darah, cek urin, rontgen, cek buta warna, dan cek-cek lainnya.. tiap provinsi gak selalu sama pemeriksaannya

      13 Mei 2013 pukul 16:32

  130. putra septiari

    kak adit numpang nanya nih.. mnurut kakak apa perbedaan jur. sosial kependudukan dengan komputasi.. thanks kak atas waktunya

    13 April 2013 pukul 14:26

    • Aditya Sudyana

      kalo sosial kependudukan lebih fokus ke hal-hal berbau sosial kependudukan. kalo komputasi lebih fokus ke arah mengolah dan mempublikasi data-data statistik

      13 Mei 2013 pukul 16:31

  131. kaka saya mo nanya, yg dirongent itu apanya? thorax apa tulang belakang?

    13 April 2013 pukul 19:53

    • Aditya Sudyana

      rontgen thorax biasa (baca: paru-paru)

      13 Mei 2013 pukul 16:30

  132. inas

    kak mau tanya, kan habis lolos tahap 1 dan 2 itukan pas di tahap 3 nya melampirkan rapot dan ijasah,, nah padahal nila mapel eksak saya itu gk bagus bagu amat kisaran 79-85,, gimana dong kak,, apa masih ada kemungkinan lolos tahap 3?
    trus temen2 kakak yang diterima di stis skrg ada gak yg nilai rapot dan un sma nya dulu kisaran 79-85,,, ?

    20 April 2013 pukul 10:23

    • Aditya Sudyana

      selalu ada kemungkinan lolos kok berapapun nilai rapotnya :)

      13 Mei 2013 pukul 16:29

  133. Aya

    kak mau nanya, biasanya yang gagal di tes tahap 2 maksudnya psikotes itu kenapa ya kak?

    30 Mei 2013 pukul 20:15

  134. kak,, psikotes itu tesnya nanti apa aja kak?
    klo kerja di bps enaknya gimana? ada uang tunjangan nya? banyak gak? hehe klo mau naik pangkat harus nunggu 3/4 tahun dulu ya kak?

    1 Juni 2013 pukul 14:24

  135. kak adit saya mau tanya…….
    di tingkat 1 mata kuliah(program studinya)apa aja?
    apa sulit + banyak kak?
    Di tingkat 1 itu sama seperti kelas X di SMA kah,kak?
    mohon penjelasannya kak terima kasih

    13 Juni 2013 pukul 19:13

  136. minto

    klo smk bisa.ga mas

    15 Juni 2013 pukul 00:15

  137. minto

    klo smk bsa ga kak

    15 Juni 2013 pukul 00:16

  138. kk, kalau ada sakit amandel bisa dterima gk ?

    29 Juni 2013 pukul 00:06

    • Cahya Danu Rahman

      Kalau ada sakit panu baru ga lolos!

      16 Juli 2013 pukul 23:18

  139. bodong

    misi kak, mau nanya tahun ini yg lolos ke tahap wawancara dan kesehatan kayaknya sekitar 522 orang, nanti apa diseleksi lagi ya? soalnya utk tes kesehatan aja dah keluarin uang banyak.. makasih sebelumnya kak

    11 Juli 2013 pukul 11:11

    • Cahya Danu Rahman

      Kalau ga pake narkoba, Insyaallah pasti lolos

      16 Juli 2013 pukul 23:16

  140. Rehana Nadia Siregar

    Ada jurusan komputernya juga ya kak?

    17 Juli 2013 pukul 11:45

    • Aditya Sudyana

      ada, Komputasi Statistik. tapi tetep statistiknya tetep ada

      21 Juli 2013 pukul 04:49

      • Rehana Nadia Siregar

        kalo boleh tau tentang apa pembahasannya? soalnya saya jurusan komputer

        2 Agustus 2013 pukul 14:13

      • Aditya Sudyana

        itu ya tentang pemrograman seperti JAVA, SQL, WEB, dll tapi yang diperlukan untuk keperluan pengolahan statistik.
        btw, syarat masuk STIS itu harus IPA

        18 Agustus 2013 pukul 04:21

  141. talisa

    maaf mau tanya, kalau kuliah di stis, per semester kira2 liburnya berapa minggu?
    sabtu minggu juga libur nggak?
    dalam waktu 8 tahun masa bakti, boleh pindah lokasi?

    19 Juli 2013 pukul 17:16

    • Aditya Sudyana

      sabtu minggu libur..
      per semesternya kira-kira bisa libur lebih kurang 2 minggu s/d lebih dari 1 bulan (bervariasi)
      dalam masa bakti, memungkinkan pindah lokasi, tergantung kebijakan atasan

      21 Juli 2013 pukul 04:49

  142. a emang harus anak ipa yang masuk situ kenapa ips tidak bisa atau bisa asalkan bisa kalkulus 1 sampe 3?

    20 Juli 2013 pukul 04:00

    • Aditya Sudyana

      memang sudah peraturan dari sananya begitu

      21 Juli 2013 pukul 04:47

  143. KAK TOLONG JELASKAN MATA PELAJARAN INTI DAN NON INTI

    21 Juli 2013 pukul 10:05

  144. Kak, mohon maaf mengganggu
    saya udah fix masuk STIS dan berminat jurusan Komputasi Statistika karena minat 0.0
    Boleh pinjam topi kakak gak buat magradika nanti T_T?

    30 Juli 2013 pukul 10:04

    • Aditya Sudyana

      oh maba ya.. saya gak punya topinya.. -_-

      18 Agustus 2013 pukul 04:22

  145. ARDI

    misi kak, mo nnya msk stis itu pke nem atau gmn ? trm ksh..

    8 Agustus 2013 pukul 21:04

    • Aditya Sudyana

      pake tes ujian tertulis, wawancara, dan kesehatan

      18 Agustus 2013 pukul 04:18

  146. Dasa Nova Dwi Kusuma

    kak mksudnya jalur PMDK itu gimana ?? pake nilai raport kah ?? kan saya skolah di Ngimbang.. ngimbang itu kecamatan yg pualing selatan (pdesaan) dr kabupaten Lamongan jatim.. itu bisa ikut jalur PMDK ngga ??

    15 Agustus 2013 pukul 23:29

    • Aditya Sudyana

      wah kurang tau persyaratan PMDKnya kayak gimana, soalnya saya sendiri bukan dari jalur PMDK.

      18 Agustus 2013 pukul 04:18

  147. emha

    mau tanya nih….kalo waktu daftar ulang nanti apakah ijazah SMA ditahan oleh STIS? dan apakah ada yg mengundurkan diri waktu ikut magradika? dan apa dikenakan sanksi?

    16 Agustus 2013 pukul 15:09

    • Aditya Sudyana

      ijazah bakal ditahan sama kampus. Kalo mengundurkan diri dari magradika, harus ngulang magradika tahun berikutnya. magradika sifatnya wajib, jadi harus dilaksanain walaupun belum pernah sampe tingkat lanjut sekalipun.

      18 Agustus 2013 pukul 04:17

  148. Asslamualaikum, kak.
    saya siswa SMA, insya Allah tahun depan lulus. Sya minat masuk STIS.
    mau tnya, buku soal USM ada ga ya? ato link nya (?)
    Trimkasih =)

    28 Agustus 2013 pukul 19:56

    • Aditya Sudyana

      buku kumpulan soal-soal USM STIS tahun-tahun sebelumnya bisa dibeli di KOPMA STIS, tapi cuman ada di tiap tahun sekitar bulan april

      1 September 2013 pukul 05:46

  149. Adi

    assalamu’alaikum… permisi kak, saya siswa SMA msih kelas XI… setelah saya baca rasanya saya tertarik ingin msuk STIS…mudah-mudahan nanti 2 tahun ke depan saya bisa masuk ke STIS ini…amiin hee
    oya kak, gmna sih cara bljar di STIS? apa sma kya di SMA…

    29 Agustus 2013 pukul 21:19

    • Aditya Sudyana

      Wa’alaikumsalam.. cara belajarnya ya sama aja kayak perkuliahan di universitas lain.. mirip-mirip gitu lah

      1 September 2013 pukul 05:48

      • sinta

        k tadi kan aku baca itunya kk, kan disitu ditulis ada tes bahasa inggris juga, emang di stis wajib bisa bahasa inggris ya k?

        15 September 2013 pukul 20:09

      • Aditya Sudyana

        perkuliaahannya sih menggunakan bahasa indonesia.. tapi mempelajari bahasa inggris itu wajib.. ada mata kuliahnya

        29 September 2013 pukul 19:07

  150. menarik banget ka STIS,tapi sayang educational background saya SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak(Pemrogaman komputer) :(

    31 Agustus 2013 pukul 21:03

  151. tnya lagi ya kak, bimbel STIS di medan ada ga?
    tpi yg abis UN gtu.

    8 September 2013 pukul 22:46

    • Aditya Sudyana

      wah gak ada, adanya cuman di jakarta

      29 September 2013 pukul 19:10

  152. Wildan

    kalau matematikanya itu yang harus dimantepin kira2 materinya apa aja?yg bakal dipake trus sampe akhir kuliah…

    13 September 2013 pukul 16:02

  153. sinta

    k mau nanya kalo kita uda wisuda di stis kan kita wajib kerja di kedinasan yang ditunjuk, nah itu kita kerja sama ikatan kedinasannya sampai berapa lama? tepatnya sampai umur berapa kita pensiunnya k?

    15 September 2013 pukul 20:06

    • Aditya Sudyana

      wajib ikatan kedinasannya 2N masa kuliah. kalo kuliah di STISnya 4 tahun, berarti wajib kerja di BPS selama 8 tahun

      29 September 2013 pukul 19:08

  154. kak mau tanya, itu ngekosnya pake biaya sendiri ? terus berapa 1 tahun ya ? thanks

    28 September 2013 pukul 18:09

    • Aditya Sudyana

      iya pake biaya sendiri.. tarif kosnya relatif dan bervariasi

      29 September 2013 pukul 19:03

  155. kak mau nanya kalo tinggi dipermasalahkan gak kak ?
    trus sistem do nya kakak bilang kalo dibawah c, berarti kalo misalnya nilainya turun tapi masih c gak di do kak ?

    *terimakasih

    10 Oktober 2013 pukul 21:11

    • Aditya Sudyana

      gak dipermasalahkan kok.. selama masih C ya masih aman

      11 Oktober 2013 pukul 13:22

  156. kalo ujian masuk stis itu di tiap daerah ada ya kak ?

    ujian psikotes atau tpa gitu ada kak ?

    11 Oktober 2013 pukul 14:42

    • Aditya Sudyana

      ada, lebih tepatnya di BPS masing-masing provinsi

      ujian psikotes ada

      11 Oktober 2013 pukul 14:48

  157. herta audi

    kak, mau tanya nih~ aku minat stis dulu itu waktu ada mas mas dari bps yang survei dirumahku, terus dia cerita2 ttg statistik gt, awalnya aku gak begitu tertarik sih. tapi begitu dapet materi statistika pas sma kok kayaknya ada semangat gt buat usm stis, kira2 modal utamanya harus menguasai statistika aja atau sama materi matematika yang lain juga ya kak? ini aku masih kelas XI~
    reply ya kakthanks kak

    20 Oktober 2013 pukul 11:37

    • Aditya Sudyana

      kalo menurut saya, bekal yang paling penting untuk kuliah di STIS itu, seneng/jago matematika dan bisa bahasa inggris..

      21 Oktober 2013 pukul 08:58

      • herta audi

        oh oke, makasih kak ;)

        21 Oktober 2013 pukul 09:36

  158. Alma Woro

    kak maaf mau tanya kalo di STIS bahasa penghantarnya apa full pake english?

    30 Oktober 2013 pukul 18:38

    • full bahasa indonesia kok

      1 November 2013 pukul 15:54

  159. Alfin

    Mau tanya tapi maaf jika pertanyaan ini mungkin udah di di tanya di atas. kepanjangan jadi malas baca :v

    Apakah di stis itu ada libur nya? Ya libur yang bisa untuk pulang kampung gitu. seperti idul adha atau mungkin libur semester.
    Kalau ada, berapa lama liburnya?

    8 November 2013 pukul 21:20

    • Aditya Sudyana

      ada. setelah UAS pasti ada libur. minimal 2 minggu.

      21 November 2013 pukul 03:35

  160. kan kalau sudah lulus harus bersedia ditempatkan di kantor BPS di salah satu kota di indonesia, kalau saya pengennya di jawa. apakah ada ketentuan seperti minimal peringkat 10 bisa di jawa atau bagaimana?

    17 November 2013 pukul 13:28

    • Aditya Sudyana

      ada. jadi kalau berada di peringkat tertentu itu bisa milih mau penempatan di mana.

      21 November 2013 pukul 03:34

  161. Caca

    tahun 2014 pendaftaran sekitar bulan apa ya?

    15 Desember 2013 pukul 09:35

    • Aditya Sudyana

      kira-kira maret – april

      25 Desember 2013 pukul 04:58

  162. kak mau tanya
    menurut postingan yang diatas kan gak boleh ada ikatan dengan “ikatan dinas” manapun ketika udah diterima, nah kalau selama pendidikan di stis kita pya kuliah dgn
    univ lain, nah itu boleh apa gak kak?
    trimakasih..

    15 Desember 2013 pukul 11:28

    • Aditya Sudyana

      iya gak boleh ada ikatan dinas setelah keterima, misalnya gak boleh disaat yang bersamaan kamu kuliah di ST*N misalnya. Tapi kalo sama universitas lain yang bukan ikatan dinas, mungkin bisa (sejujurnya saya jg belom pernah nemu kasus kayak gini). Tapi kuliah di STIS aja udah super sibuk. gak mungkin juga kayaknya bisa double bagi waktu kuliah di tempat lain.

      25 Desember 2013 pukul 04:58

  163. Noppha

    kak, kuliah di stis cewek yg muslim wajib brjilbab ya ?

    26 Desember 2013 pukul 22:03

    • Aditya Sudyana

      gak wajib kok, kan bukan sekolah pesantren

      5 Januari 2014 pukul 08:00

  164. angel

    ada batasan maksimal mata minus gak kak?

    27 Desember 2013 pukul 17:06

    • Aditya Sudyana

      gak ada kok

      5 Januari 2014 pukul 08:00

  165. byan

    trus kalo mau misal bayar lewat BRI itu hrus atm milik kita sendiri or boleh lewat BRI’nya nyokap lah atau siapa lah?

    27 Desember 2013 pukul 17:18

    • Aditya Sudyana

      kalo biaya pendaftaran wajib datang langsung ke BRInya, karna buat ditukar dengan username dan password untuk login di websitenya stis nanti pas pendaftaran

      5 Januari 2014 pukul 07:59

  166. sefty mulyana

    assalamu’alaikum.
    kak mau nanya, kalo tes kesehatannya yang rontgen itu bagian apa ya?
    kalo ada kelainan tulang (re:skoliosis) gitu bisa gak ya?

    29 Desember 2013 pukul 22:15

    • Aditya Sudyana

      wa’alaikumsalam.
      mungkin kebijakan tiap daerah beda2 tentang tes kesehatan, tapi umumnya di bagian paru2. kalo tentang skloliosis, wah kurang tau saya. saya tes di jakarta dan gak ada ronsen tulang

      5 Januari 2014 pukul 07:58

  167. Lia

    kak,, isi Surat Perjanjian Ikatan Dinas nya selaen bersedia ditempatkan di seluruh wil.Indo. apa lagi ya???
    kalo misalnya udah ttd surat itu, trus ga jadi sekolah di stis dengan berbagai alasan. ada denda ga ?
    please infonya

    30 Desember 2013 pukul 13:35

    • Aditya Sudyana

      tidak boleh menikah selama masih sekolah di STIS, trus kalo gak salah bersedia menaati peraturan. artinya kalo udah tanda tangan trus kamu keluar, harus bayar denda (perkiraan saya aja, saya jg agak lupa)

      5 Januari 2014 pukul 07:57

  168. eka

    kak sy kan dari Bali gimana cara pendaftarannya..???

    4 Januari 2014 pukul 19:48

    • Aditya Sudyana

      cek di websitenya http://stis.ac.id sekitar maret-april

      5 Januari 2014 pukul 07:54

  169. Cintya

    Salute buat admin..yang punya inisiatif untuk mensosialisasikan STIS dan bersedia menjawab pertanyaan2 yang lumayan banyak hehe…ditunggu di BPS..semangat kuliahnya..^^

    6 Januari 2014 pukul 07:57

    • Aditya Sudyana

      wah kayaknya orang bps nih *gugup
      oke mbak/bu, tunggu saya hehe

      10 Januari 2014 pukul 08:10

  170. anggi

    kak boleh nanya gak,,,
    kalau di stis itu ngukur tinggi nggak..?
    oya untuk beli buku kumpulan soalnya itu gimana soalnya aku tinggal di luar daerah jakarta kak….

    11 Januari 2014 pukul 17:12

    • Aditya Sudyana

      ngukur tinggi badan atau enggak itu ada di tes kesehatan, dan ada atau enggaknya ngukur tinggi badan tergantung dari tiap rumah sakit, karna beda-beda kebijakannya..

      beli di Kopma STIS aja

      12 Januari 2014 pukul 19:10

  171. anggi

    kak boleh nanya lagi nggak…
    emang di stis itu langsung tes akademik ya kak atau kita harus daftar lewat online dulu kalau daftar lewat online apa nama situsnya…

    cara beli di kopma itu gimana kak soalnya aku agak kuarng ngerti…

    12 Januari 2014 pukul 21:34

    • Aditya Sudyana

      daftar dulu lewat online.. cek terus websitenya di http://stis.ac.id, biasanya pendaftaran dibuka maret-april

      saya juga kurang paham belinya gimana, yang jelas di Kopma STIS, coba cari grupnya Kopma STIS di facebook

      16 Januari 2014 pukul 11:39

  172. nisa

    kak, mo nanya,, tes tulisnya kalo kita jwb slah nilainya bkal dkurangi ngga?? mksii :D

    12 Februari 2014 pukul 19:59

    • Aditya Sudyana

      kalo gak salah dikurangi 1 *agak lupa juga soalnya udah lama*..

      tapi yg jelas gak ada nilai mati kayak di STAN

      15 Februari 2014 pukul 12:48

  173. ririn

    kak, kalau misalkan giginya pernah patah trs pake gigi palsu lolos gak kak?

    18 Februari 2014 pukul 19:24

    • Aditya Sudyana

      saya dulu giginya bolong dan masuk. saya rasa mungkin gak masalah

      18 Februari 2014 pukul 21:54

  174. AAA

    mas, ini anak SMA N 91 Pondok kelapa? sama anak STIS juga?

    21 Februari 2014 pukul 12:22

  175. AAA

    klo lw anak SMA N 91 Pondok Kelapa sama anak STIS juga, selamat menempuh pendidikan di STIS, gw angkatan 48 STIS dan dari SMA 91 jg, yang senior lagi angkatan 45 dia juga anak SMA 91,. anak 91 langka di STIS.

    21 Februari 2014 pukul 12:29

    • Aditya Sudyana

      wih senior SMA 91 nih hehe..
      gue angkatan 53 bang/kak.. emang sulit nih generasi 91 ke STIS haha.. di atas gue juga ada angkatan 52..

      24 Februari 2014 pukul 08:19

  176. Via

    Kak dulu tes kesehatan giginya gimana? soalnya gigi saya bermasalah…

    4 Maret 2014 pukul 13:17

    • Aditya Sudyana

      dulu gigi saya bolong gede banget di geraham, tapi alhamdulillah saya lulus

      7 Maret 2014 pukul 21:06

  177. tini

    m

    6 Maret 2014 pukul 14:01

  178. tini

    nilai yang diinput cuma nilai kelas XII ka?

    6 Maret 2014 pukul 14:16

    • Aditya Sudyana

      di tahun saya (2011) pakenya nilai rapot kelas XII semester ganjil

      7 Maret 2014 pukul 21:07

  179. okta

    Tulis komentar di sini…kak mau tanya jurusan komputasi statistik pelajarannya gimana kak, terus kerjanya nanti gimana? apa cuma buat softwere aja kak?

    7 Maret 2014 pukul 20:44

    • Aditya Sudyana

      pelajaran jurusan komputasi statistik itu tidak jauh-jauh dari pelajaran ilmu-ilmu statistik dan ilmu-ilmu pembuatan pemrograman statistik

      kerjanya tidak bedak jauh dengan jurusan yang lainnya, mungkin kira2 akan dapat spesialisasi/tugas di bidang komputer/software/IT di BPS nantinya

      7 Maret 2014 pukul 21:10

  180. mau nanya nih kka ..
    kalo smk boleh masuk tidak tahun ini ..
    soalnya saya buka link pendaftaran hanya ada SMA saja ..
    mohon penjelasannya ..

    18 Maret 2014 pukul 22:47

    • Aditya Sudyana

      sepertinya tidak boleh..
      kalo mau tau lebih jelas, silakan tanya2 langsung ke twitternya @STISJKT

      19 Maret 2014 pukul 21:50

  181. Kereeen ,, trtarik sih,
    Oh ya untuk tes wwancrax diadakan di stis atau daerah masing2 kk,,?
    n da prsyrtan untk tinggi bdan ndak?

    19 Maret 2014 pukul 05:01

    • Aditya Sudyana

      wawancara di daerah masing2, dan yang di daerah jakarta, dilaksanakannya langsung di gedung STIS

      tidak ada persyaratan tinggi badan

      19 Maret 2014 pukul 21:51

  182. kiki

    ass.selamat mlam
    untuk pendaftaran STIS itu ada sogok2an gk sih ?kayak kalo mau masuk STAN musti byr 150jt gtu biar lulus

    27 Maret 2014 pukul 18:32

    • Aditya Sudyana

      STIS itu insyaAllah bersih dari hal-hal yang kayak begituan. Saya sendiri keterima di STIS tanpa biaya sepeser pun (kecuali biaya pendaftaran)

      29 Maret 2014 pukul 19:22

  183. Sebelumnya makasih atas infonya, aku insyaallah tamat tahun 2015 sma jurusan IPA, sejujurnya org tua sangat mendukung malah sangat sangat mendukung, tp saya ragu krn otak saya pas pasan, tp disatu sisi ga mau ngecewain org tua juga, tp disatu sisia saya jg berniat masuk stis. apakah distis itu sangat mengerikan? Dan apakan pelajarannya sangat nenuntut harus bisa? Mohon bantuaanya^^

    30 Maret 2014 pukul 21:16

    • Aditya Sudyana

      Di STIS gak ada yang mengerikan kok, justru menyenangkan :)
      Kalo udah niat, insyaAllah ada jalannya. Yang penting tetep berusaha terus buat dapet yg terbaik

      31 Maret 2014 pukul 15:14

  184. aan

    kalo terlalu gemuk bisa ga sih daftar di stis

    16 April 2014 pukul 19:53

    • Aditya Sudyana

      bisa banget

      17 April 2014 pukul 03:34

  185. Anisa Muflihatin

    Kak.. itu kuliahnya kudu pake seragam terus yaa?? setiap hari kah? atau hanya hari-hari tertentu saja???

    17 April 2014 pukul 07:20

    • Aditya Sudyana

      setiap hari kuliah, harus pake seragam

      22 April 2014 pukul 05:50

  186. Tari

    Kak, kalau kelainan tulang belakang skoliosis bisa diterima kagak? Fisik sehat semua kecuali yang satu ntu. Pingin banget masuk stis cuma ragu bisa diterima. Syarat orang sehat apa hanya dari tes umum seperti darah aja kah? Atau kelainan tulang belakang juga diperhitungkan?

    Makasih sebelumnya. Ini blog yang bagus :)

    17 April 2014 pukul 10:40

    • Aditya Sudyana

      wah saya kurang tau kalo masalah standar kelulusan dari tes kesehatan.

      22 April 2014 pukul 05:51

  187. nur hikmah

    kak, bagaimana strategi menjawab soal stis dengan waktu yang sangat singkat ?? tidak harus jawab semua kan ???

    17 April 2014 pukul 20:20

    • Aditya Sudyana

      tidak harus jawab semua. jawab yang paling mudah dulu

      22 April 2014 pukul 05:51

  188. Marina Bannat Ulfah

    Thank’s atas informasinya kak ;-)

    17 April 2014 pukul 22:39

  189. Kak, mau nanya nih. Di atas kan di sebutkan ada jalur PMDK. Nah bagaimana cara melakukan pendaftaran jalur PMDK? soalnya kota saya cukup kecil di Kal-Bar.
    Saya tidak menemukan artikel tentang jalur PMDK di stis.ac.id .
    Trims :)

    18 April 2014 pukul 13:27

    • Aditya Sudyana

      ya karna yang menentukan daerah mana saja yang memungkinkan untuk dapat PMDK hanyalah dosen saja

      22 April 2014 pukul 05:52

  190. Kak tanya boleh? cewek harus rambut pendek? Semua persyaran saya kayaknya tercapai tapi rambut emang harus pendek?

    22 April 2014 pukul 12:21

  191. kak cewek harus rambut pendek? jawab please kak

    22 April 2014 pukul 12:25

    • Aditya Sudyana

      gak harus kok

      25 April 2014 pukul 21:02

  192. Rahma

    kak mau tanya kalo udah lulus jadi sarjana itu langsung ditempatkan kerja pada Bps selama 8 tahun ya? nah kalo misal ga pengen kerja dulu gmn? contohnya mau ngelanjutin pendidikan jadi s2 atau urusan lainya

    7 Mei 2014 pukul 18:13

    • Aditya Sudyana

      setelah lulus, wajib kerja di BPS selama 8 atau 10 Tahun
      kalo mau S2 atau lanjut kuliah, setauku harus dapet Tugas Belajar dari pimpinan atau dapet izin dari pimpinan

      7 Mei 2014 pukul 22:16

  193. Faiha Salsabila

    makasih kak infonya.. wah mulai tertarik nih.. eh tp kak, itu khusus utk jurusan ipa kan kak? ko ad mapel ips nya sh? oy satu lg ka, dominan itung2an kan drpd apal2an? soalnya daya ingat ku lemah ka *curcol ..

    9 Mei 2014 pukul 19:02

    • Aditya Sudyana

      emang harus jurusan IPA yang bisa masuk ke sini walaupun ada pelajaran sosialnya nantinya, karna BPS juga butuh ilmu sosialnya seperti kependudukan, ekonomi, dll, tapi yang lebih diprioritaskan matematikanya dulu

      11 Mei 2014 pukul 19:00

  194. Faiha Salsabila

    mulai dari nol kan kak? kak, kita msh nemuin fisika kimia bio gk ya? kira2 mata kuliyah pendukungnya dominan hafalan atau hitungan? maaf kak sblumnya.. hehe

    12 Mei 2014 pukul 16:38

    • Aditya Sudyana

      dominan dua-duanya, hafalan + hitungan..
      bio, kimia, fisika udah gak ada lagi di sini

      13 Mei 2014 pukul 09:17

  195. putri mey

    kk mau nanya ni.,
    kalau udh masuk di STIS ,materi matematikanya tentang apa aja??
    apa emng harus benar-benar menguasai dan pintar dalam matematiknya kalau pngn kuliah di situ

    17 Mei 2014 pukul 19:09

    • Aditya Sudyana

      iya harus jago matematikanya biar nantinya juga bisa survive di sini

      17 Mei 2014 pukul 20:53

  196. kalu berkacamata gimana kak

    5 Juni 2014 pukul 08:46

    • Aditya Sudyana

      gapapa kok

      6 Juni 2014 pukul 08:14

  197. aufal marom

    saya butawarna bung.gimana ?

    20 Juni 2014 pukul 03:22

    • Aditya Sudyana

      wah sayang banget, buta warna gak bisa masuk stis bung

      20 Juni 2014 pukul 06:45

  198. widha annisa

    Kak, aku mau tanya. Kebetulan adik aku ikut 2 tes sekolah kedinasan, AMG dan STIS dan dua2nya smp tahap tes kesehatan. Yg mau aku tanyain, klo keduanya dijalanin smp akhir dan misalnya keterima. Pilihan sekolah yg di pilih ituu bisa nanti aja atau harus dari skrg sblm tes kesehatan senin bsk? Soalnya kan di syarat jd mahasiswa STIS ituu kakak tulis sedang tidak terikat ikatan dinas di instansi lain. Mohon jawabannya yaa kak, Thankyou

    21 Juni 2014 pukul 23:22

    • Aditya Sudyana

      kalo menurut saya, selama belum ada semacam perjanjian/tanda tangan surat ikatan dinas/pemberkasan, itu artinya belum ada ikatan dinasnya. Jadi bisa pilih nanti aja, kalau di AMG ataupun STIS belum ada agenda untuk Pemberkasan/Tanda Tangan perjanjian ikatan dinas. Tapi kalau sudah menandatangani perjanjian ikatan dinas/Pemberkasan di salah satu (AMG atau STIS), berarti sudah terikat ikatan dinas di sekolah tersebut.

      Semoga mudah dipahami.

      22 Juni 2014 pukul 07:11

      • widha annisa

        Okee kaak, terimakasih banyaak infonyaa kak. Ini ngebantu banget

        22 Juni 2014 pukul 10:54

      • widha annisa

        Kak mau tanya lg hehehe. Untuk tes kesehatan sm wawancara itu dilakukan di tanggal yg sama dan ditentukan STIS atau gmana? Di jadwalnya dr tgl 23-25 kak

        22 Juni 2014 pukul 10:58

      • Aditya Sudyana

        kalau gak salah, bisa milih mau tes di tanggal 23, 24, atau 25.

        23 Juni 2014 pukul 07:29

  199. Kak, kalau sudah tanda tangan SPID terus dicabut konsekuensinya apa? Saya dengar membayar ya. Kalau iya berapa nominalnya?

    30 Juni 2014 pukul 20:01

    • Aditya Sudyana

      kalau sudah tanda tangan SPID dan cabut.. harus bayar sejumlah uang, tergantung kapan keluarnya.. nominalnya sendiri saya lupa berapa yang jelas puluhan juta sampe ratusan juta

      6 Juli 2014 pukul 15:27

      • Kalau baru masuk (belum daftar ulang tapi sudah pemberkasan) kira-kira berapa?

        7 Juli 2014 pukul 08:45

  200. Az

    Kak mau nanya saya minus 100 lebih apakah bisa masuk STIS?dan apakah disana ada batasan kacamata? thanks kak

    2 Juli 2014 pukul 22:55

    • Aditya Sudyana

      yang minus bisa masuk sini kok

      6 Juli 2014 pukul 15:28

  201. kak gak ada jalur undangan ya ke stis heheh

    9 Juli 2014 pukul 17:45

  202. vina

    Kak, Kenapa harus lulus UN SMA IPA, sedangkan pelajarannya ekonomi dan gaada fisikanya?

    14 Juli 2014 pukul 20:37

    • Aditya Sudyana

      kurang tau juga sih, mungkin stis pengen lulusan yang keterima basic matematikanya kuat. mungkin di IPS kurang terlalu kuat matematikanya (ini pendapat saya aja)

      20 Juli 2014 pukul 14:56

  203. fia

    untuk tes kesehatan sendiri adakah tes mata minus? dan jika ada, berapa maksimum minus untuk bisa lolos tes kesehatan?

    26 Juli 2014 pukul 10:47

    • Aditya Sudyana

      gak ada tes mata minus kok

      2 Agustus 2014 pukul 16:05

  204. kak, biasanya pertahun STIS menerima berapa mahasiswa/mahasiswi ??

    21 Agustus 2014 pukul 22:25

    • Aditya Sudyana

      sekitar 450an

      22 Agustus 2014 pukul 19:05

  205. emivana

    kak mau tanya nihh..
    maksudnya nilai mati itu gimana sih??
    trus kalau mau lolos ke STIS harus menjawab benar berapa persen soal-soalnya kak?
    mohon jawabannya..
    terimakasih

    29 Agustus 2014 pukul 22:39

    • Aditya Sudyana

      nilai mati itu, kalau kamu gak mencapai skor minimal, berarti skor yang kamu dapet dianggap musnah (jadi 0). contoh: kalo diasumsikan pengerjaan soal matematika dengan skor yang didapat tidak sampai 30, berarti dianggap nilai mati. jadi kalau kamu dapat <30, nilai matematikamu dianggap 0.

      untungnya di USM STIS gak ada peraturan nilai mati.

      untuk lolos ke STIS, kamu hanya perlu lebih unggul dari peserta yang lainnya. (MISAL) kalau dari 1000 peserta, dan diasumsikan yang keterima 30 orang, sedangkan orang ke 30 dapet skor 67, berarti kalo kamu dapat skor 68, kamu kemungkinan diterima.

      jadi kamu hanya perlu lebih unggul dari yang lain

      30 Agustus 2014 pukul 05:38

  206. nuzul ristyantika

    kak aku dengar-dengar katanya kalau masuk di stis itu toeflnya harus 500 bener apa nggak kak? makasih

    19 September 2014 pukul 14:58

    • Aditya Sudyana

      gak bener.. lulus atau enggaknya ditentukan dari tes nya, bukan toeflnya

      22 September 2014 pukul 19:40

  207. Ambar Isminingtias

    kak, kemaren ada yg bilang kalo di stis itu ada nilai mati. misalnya tes mtk itu hrfus minim bener 20. apa bener kak. trus stis kira” buka pendaftaran buat taun 2015 sekitar kapan ? makasih

    25 September 2014 pukul 03:21

    • Aditya Sudyana

      setau saya gak ada nilai mati sampe saat ini..

      setiap tahun pendaftaran dibuka sekitar maret-april

      2 Oktober 2014 pukul 06:31

  208. maaf kak,,,, boleh nanya gak,,,, klo untuk yang lulusan lama spti tahun sebelumnya,,, itu nilai nya tetap pake rapor kelas xii smster 1 ato tdk,,,??? yg mtk,, dan bhs.ing,,,,,

    25 September 2014 pukul 07:20

    • Aditya Sudyana

      iya dong.. masa kamu harus ngulang SMA lagi buat dapet nilai rapot terkini hehe

      2 Oktober 2014 pukul 06:32

  209. Andri Ahmad Ubaidi

    kak, aku dari bondowoso , Jawa timur
    kira – kira bisa gak masuk STIS
    kalau bisa caranya gmana kak ?

    26 September 2014 pukul 13:28

    • Aditya Sudyana

      bisa kok, ikut aja seleksinya.. setiap tahun dibuka pendaftaran di webnya stis.ac.id sekitar maret-april

      2 Oktober 2014 pukul 06:32

  210. kak klo kuliah di stis pas udahulai sistem perkuliahan biasanya pelajaran bahasa inggris dipake gak?apa cuma matematikanya aja?infonya yah kak.
    aku kls 3 sma pen bgt masuk stis.
    trims

    1 Oktober 2014 pukul 15:42

    • Aditya Sudyana

      dipake pelajaran bahasa inggris.. nanti ada mata kuliahnya tersendiri

      2 Oktober 2014 pukul 06:33

  211. kak klo kuliah di stis pas udah mulai sistem perkuliahan biasanya pelajaran bahasa inggris dipake gak?apa cuma matematikanya aja?infonya yah kak.
    aku kls 3 sma pen bgt masuk stis.
    trims

    1 Oktober 2014 pukul 15:47

  212. lulusan smk jurusan IT kira-kira ada peluang diterima gag ya kk?

    10 Oktober 2014 pukul 16:18

    • Aditya Sudyana

      Cuman yang jurusan IPA doang

      10 Oktober 2014 pukul 18:10

  213. Ambar Isminingtias

    kak, trus itu tes tahap 1 nya ada kaya kisi kisi atau komposisi soalnya ? aku kan punya luka bekas kecelakaan ya kak, itu bekasnya belum ilang, itu nanti ngaruh di tes kesehatannya nggak kak ? makasih, maaf banyak tanya kak.. ^.^ :)

    12 Oktober 2014 pukul 19:52

    • Aditya Sudyana

      Kalo kisi-kisi gak ada, tapi kamu bisa beli buku USM STIS dari KOPMA STIS, biasanya disitu ada soal-soal prediksi..

      Kayaknya gapapa kalo cuman bekas luka..

      12 Oktober 2014 pukul 19:54

      • Ambar Isminingtias

        oh ya kak, kakak tau tentang bimbel ukm stis nggak kak ? yg dikelola sama mahasiswa itu.. itu maksudnya gimana ya kak..?

        13 Oktober 2014 pukul 20:08

      • Aditya Sudyana

        Itu ukm bimbel stis, kalau si sma mungkin seperti ekskul bimbel..
        Jadi cuman semacam kegiatan ekstrakurikuler kalo di sma.

        Nah kegiatannya itu banyak, seperti mengadakan bimbel utk anak2 sma yg mau masuk stis, mengadakan tryout usm stis, dll

        16 Oktober 2014 pukul 06:46

  214. Ambar Isminingtias

    trus klo yg masalah jurusan statistika atau kompulasi statistika itu dimulainya pas kapan ? pas pendaftaran ditanyain juga nggak kak ? apa itu juga berpengaruh kita lolos tes atau tidak ? seperti sbm, jika peminat di jurusannya banyak, peluangnya makin kecil..

    16 Oktober 2014 pukul 20:24

    • Aditya Sudyana

      Penjurusannya pas mau naik tingkat 2, jadi gak ada hubungannya sama pendaftaran dan lulus tes atau tidaknya

      16 Oktober 2014 pukul 21:51

  215. Ambar Isminingtias

    oo, trus klo tes bahasa inggrisnya itu hampir sama kaya toefle gitu apa cuman soal soal reading comprehensife gitu..?

    18 Oktober 2014 pukul 20:18

    • Aditya Sudyana

      Ya mendekati toefl sepertinya. Saya juga udah agak lupa

      19 Oktober 2014 pukul 05:50

  216. Ambar Isminingtias

    kan gini kak, itu kan juga ada tes buat sbmptn, itu biasanya tes tahap 1 sama sbm duluan mana ?

    19 Oktober 2014 pukul 17:59

    • Aditya Sudyana

      Biasanya tes stis itu belakangan. “Biasanya”

      19 Oktober 2014 pukul 19:52

  217. Ambar Isminingtias

    itu yg matematika, matematika dasar, matematika ipa, atau matematika buat tpa ya kak, yg tes tahap 1.

    19 Oktober 2014 pukul 20:55

    • Aditya Sudyana

      Matematika SMA

      19 Oktober 2014 pukul 21:04

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 888 pengikut lainnya.