Semuanya ada disini

Tips dari gw kalo mau masuk jurusan IPA


Sebenernya masuk IPA tuh susah-susah gampang, dan menurut gw yang paling susah itu kalo misalnya udah masuk jurusan itu sendiri. Jadi ibaratnya buat masuknya gampang tapi pertahaninnya susah.

Diantara kelas X, XI, sama XII, menurut gw yang terberat itu pas kelas X sama XII, Kenapa sih? Soalnya Pas waktu klas X selain berusaha supaya naek kelas, Kita juga dituntut buat bersaing supaya bisa dapet jurusan IPA, dan Umumnya Kelas IPA itu memang lebih sedikit dari IPS. Sedangkan pas di kelas XII, khususnya IPA, selain berusaha supaya lulus UAN dan UAS, kita juga bersaing buat masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Universitas2 lainnya, Belom lagi kita harus lebih intensiv lagi belajarnya.. Behh susah deh.. Terus kenapa kelas XI gak berat? yaa soalnya kelas XI itu udah dapet jurusan, dan gak mikirin UAN ataupun SNMPTN, dsb.

Sip, tadi cuman buat Intermezzo doang, Sekarang gw mau kasih Tips menurut Versi gw supaya bisa masuk IPA, Tipsnya:

  1. Berdoa kepada Allah SWT, Insya Allah dengan usaha dan doa yang kita lakukan akan membuahkan hasil… :)  trust me.. hahaha
  2. Yang Pasti Belajar, Tapi lebih di fokuskan ke Pelajaran yang IPA-nya, tapi juga, jgan ninggalin pelajaran lainnya, ngerti kan maksud gw? sip sip sip :)
  3. Nilai Ulangan harus bagus2, dan diusahakan gak ada nilai yang merah, (ya iyaa laah).
  4. Jangan dibiasakan SKS (sistem kebut semalam) soalnya belajar dadakan kayak gitu biasanya malah jadinya gak bagus pas lagi mau ulangannya. Kalo gak percaya cobain aja sendiri, hehehehe lol
  5. Jangan cuman kenal guru doang, tapi juga harus akrab sama guru di sekolah terutama guru di bidang IPA itu sendiri.
  6. Guru itu seneng kalo misalnya kita bisa mahamin pelajarannya dia, apalagi pas lagi mereka nerangin, terus kita ngerti, pasti mereka bakalan seneng sama kita, makanya kalo lagi guru nerangin, usahain sedikit ngobrol, perbanyak fokus
  7. Banyak2 ngerjain latihan soal-soal di bidang IPA, jujur aja, kalo misalnya kalian sering ngerjain soal-soal IPA, misalnya MTK atau FISIKA, dll, dijamin kalian bakalan 90% paham sama pelajaran yang kalian kerjain, dan bahkan gak menutup kemungkinan kalo pas ulangan, kalian gak perlu belajar lagi. Gw serius. hehe
  8. Jangan jadi pemalas, kedengerannya sih sulit banget, tapi kalo jadi pemalas, dijamin belajar jadi males, pengen ngerjain latian soal jadi males, akhirnya jadi males masuk IPA.. hahaha
  9. Coba buat setiap hari duduk di bangku depan, tapi jangan bangku guru yaa… hahaha.. biasanya kalo duduk di depan bakalan jadi mahamin pelajaran yang diterangin guru, dan biasanya kalo duduk di daerah belakang, malah jadi sering ngobrol, kalo gak percaya, cobain aja.. hehe
  10. Pilih temen yang asik di ajak belajar, maap ya, ini bukannya mau ngebeda-bedain temen, kalo mau bertemen sama siapa aja sih no problem, tapi kalo misalnya mau belajar, usahain bergaul sama orang yang pinter/rajin belajarnya, nanti kecipratan pinternya, terus kalo misalnya mau maen/becanda, bergaulnya sama orang yang asik di ajak bercanda, paham kan nih maksud gw, jadi bergaulnya harus pada tempatnya.

Mungkin itu tips-tips yang bisa kalian lakuin, kalo kurang berkenan sama tips yang gw kasih, gak dilakuin jg gapapa, intinya kalian sendiri pasti punya tips yang berbeda, jadi apapun strateginya, kalian bisa ngelakuinnya dengan baik dan benar juga dengan harapan bisa masuk IPA. Semangat! hahaha

About these ads

111 tanggapan

  1. idh*

    iya juga nih..
    point of order!
    kenapa brdoa kpda alllah ta’allah tidak num pertama padahal jika tanpa ridho nya smua yg dlakukan akan sia”…

    hhaa

    12 Oktober 2009 pukul 07:20

    • Aditya Sudyana

      hahaha… maap yaa… nanti di ralat deh…. hahaha

      12 Oktober 2009 pukul 09:33

    • ipko

      kalo kita udah usaha kan pst allah akan memberi jalan..ya bertawaakal ajaah itu mah..hehe

      22 Juni 2011 pukul 12:46

  2. salsa

    hmm thx info nya bang! doain masuk IPA yaaa bang!!!

    13 Oktober 2009 pukul 08:21

    • Aditya Sudyana

      Amin… ^_^

      13 Oktober 2009 pukul 10:50

  3. Faisal Rafif

    Mas, aq 100% pngn masuk IPA, TAPII…..aq kurang d plajaran kimia.nya..krna kn mas tw sndri, kimia ntu bxk nghafalinnya…gmna strateginya yaa…???

    26 Oktober 2009 pukul 16:42

    • Aditya Sudyana

      hemm ini susah ngafalin apanya? rumusnya? atau tabel periodeknya?
      kalo menurut saya, buat ngafalin tabel periodik, unsur2nya itu dijadiin kalimat, atau dijadiin cerita… misal : Lihat Kalo Bapak Camat Nanti Meninggal, bla bla bla (ini hafalan deret volta yang maksud dari itu Li, K, Ba, Ca, Na, Mg, bla bla bla)

      intinya untuk tabel periodek cara menghafal yang paling enak kayak gitu, pake bahsa sendiri lebih enak lagi

      kalo hafalannya rumus? hmm, sebenernya gak perlu dihafalin Insya Allah pasti bisa, asalkan kita paham akan konsepnya, sebenernya rumusnya itu dikit, cuman sisanya itu penjabaran dari rumus yang sedikit itu… jadi kalo udah tau konsepnya, Insya Allah jadi gampang deh ^^

      maap yaa kalo ada salah kata2, :)

      26 Oktober 2009 pukul 21:26

      • kak kalo misalkan buat IPA Fisika kayk gimana kak ngafalin rumusny saya bingung banget sama IPA Fisika apalagi sama jangka sorong n mikrometerny itu carany kayak gimana ya kak?

        9 Desember 2012 pukul 07:18

      • Aditya Sudyana

        ya dihafal aja, sama kayak ngafal rumus di matematika.. bayangin kalo fisika itu mudah

        14 Desember 2012 pukul 14:26

  4. p.kusuma

    ocHe dueh,, thaNks a Lot taZ tips-na,,
    ‘n’ doain mg bs mcux jurSan IPA

    18 Februari 2010 pukul 14:10

  5. syaeful

    baguss…om tipsnya,,,,, tapi gue masih males nihh..
    apa obatnya….
    apa karena keseringa lihat bokepss…..ya

    8 Maret 2010 pukul 14:53

    • Aditya Sudyana

      hm mungkin cara terbaik, situ kurangin liat bokepnya deh, karena setau saya itu bisa ngeganggu buat hafalan di otak, jadinya belajar jadi kurang optimal :) semangat terus buat belajar yaa

      11 Maret 2010 pukul 16:34

      • kak, biasanya saya sering bingung menerapkan rumus fisika dan kimia bis kasih tips gk ,kak

        11 Januari 2014 pukul 09:56

      • Aditya Sudyana

        pahamin dulu konsep dasarnya biar bisa ngebedain antara fisika dan kimia, karna dua hal itu emang berbeda

        12 Januari 2014 pukul 19:09

  6. anneke

    makasih ya kak tipsnya :)bagus banget buat di tiru
    tapi aku masih kurang di fisika. banyak banget rumus rumus yang kadang sulit dihaoalkan.
    gimana ya kak ? biar mudah mengahpalkan rumus ?

    26 September 2010 pukul 14:11

    • Aditya Sudyana

      Rumus itu sebaiknya jangan dihafalin, tapi di pahamin konsep asal muasal kenapa bisa ada rumus itu, hmmmm sulit juga kali ya kalo cuman ngasih teori aja, hehe harus ngasih tau secara lisan biar paham betul

      8 November 2010 pukul 11:43

  7. dina

    q pgend beutz kak masuk ipa…
    q ipa palink bza cuma biologi.lainnya lemah..,
    q gg bza.susah masuk,susah ngafal.susah faham.q ruzz g5na kk.tipz2 kk uda cmua ttep ja gg bza.pa q mank bdoh y kk???
    sumpah q bner2 pgend mzuk ipa.py dgan modal kyak gne pa bza.q u5 tkud gg bza bertahan.higz.higz…,
    help me pliizzz kak..,

    27 Oktober 2010 pukul 21:45

    • Aditya Sudyana

      Semua orang punya kelebihan dan kekurangan, Kita pasti bisa kalo kita niat dan semangat total. Insya Allah :)

      8 November 2010 pukul 11:44

  8. riza ika

    saran ya enak dpahamin tapi aku sulit buat faham akan plajaran matik m kimia mungkin aku krang konsen waktu pelajaranya . trus gimana buat konsen dalam pelajaran matik ma kimia………… tolong kasih tips dong buat paham akan pelajaran matik ma kimia …….. serta doa in ya biar masuk ipa ……… amin … makasih

    5 November 2010 pukul 14:28

    • Aditya Sudyana

      Amiin, didoain kok supaya masuk ipa :)

      Buat Tips yang paling enak, kayaknya banyak-banyak latihan soal matematika sama kimia, tapi harus sama temen yang mau diajak ngerjain soal barreng, jadi kalo gak tau bisa nanya, dan kalo lagi di kelas, diusahain duduk depan sama orang yang pinter sama pelajaran itu. DIjamin kalo intensif dilakuin tipsnya bisa jago dan jadi master MTK sama KIMIA, amin, hehehe

      8 November 2010 pukul 11:48

  9. Fadhilla sandra

    wah bagus banget sarannya ka, pengalaman ya? semoga bisa masuk ipa ya aku. amiiiin

    10 April 2011 pukul 15:10

    • yudistira

      TRIMAKASII YAKA ATAS TIPSNYA MOHON DOANYA SMOGA AKU MASUK IPA juga yaaaaaa

      2 Agustus 2011 pukul 16:11

      • Aditya Sudyana

        amin :)

        12 Agustus 2011 pukul 13:57

  10. gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaa salut bgt gua cranya kyk gini bro gua salut bgt cra loooo hahahahahahhaha mkshhh ya udah di kasihhh solusinya doain gua yaaaaaaaaaa

    28 Juni 2011 pukul 21:31

  11. siapa aja boleeee :)

    wow makasih yaaaa atas infonya kakaaaa :)

    9 Agustus 2011 pukul 17:53

    • Aditya Sudyana

      sama-sama :)

      12 Agustus 2011 pukul 13:58

  12. siapa aja boleeee :)

    maaf saya pembaca doang haha bukan orang yang anda kenal.

    9 Agustus 2011 pukul 17:54

  13. silfia aja

    thx atas sarannya…

    tp tolong kasi saran dong agr kita sukses ngadapin snmptn?
    tolg di bantu ya…

    makasi

    ^_^

    10 September 2011 pukul 20:38

    • Aditya Sudyana

      Oke diusahakan yaa :)

      11 September 2011 pukul 18:53

  14. ifan luthfi

    denger2 tahun in soal pengetahuan umumnya diganti ma minat dan bakat ? bner gak ? trus apa sih maksudnya it soal minat dan bakat tu..?

    11 September 2011 pukul 09:03

    • Aditya Sudyana

      Ini tentang stis bukan? Salah kamar nih kayaknya, hehe.. Btw, soal minat bakat itu mirip kayak psikotes.. minat bakat itu adanya pas tahun 2010, kalo 2011 pengetahuan umum, gak tau deh tahun depannya

      11 September 2011 pukul 18:55

  15. Fadliansyah Putra

    tips nya bang pantes kali . heheh
    kebetulan sayaa masih kelas x bang , tergetnya mau masuk IPA , dari kelas 3 smp saya udh pnyaa terget masuk ipa .

    oiyaah bang sedikit cerita .
    gmn bang biar pelajaran yg masuk ipa itu sayaa pahamin ? terutama MTK, FISIKA ?
    padahal mtk sayaa suka bgt bang tapi agak susah untuk menyelesaikan soalnya itu begitu juga fisika . gmna caranaya ? dan apa yg sayaa harus lakukan ? bales kenomor sayaa aja ia bang biar enak .085719755357 hehehe

    11 September 2011 pukul 11:55

    • Aditya Sudyana

      Simple aja..

      1. Buang semua sugesti negatif km tentang mtk&fisika
      2. sering2 latihan soal. Kalo stuck di suatu soal, jgn bete, km harus tanya ke yg lebih pinter, minta ajarin
      3. Inget, mtk&fisika itu bukan hafalan, tp itung2an dan logika, jd jgn pernah ngafalin rumus, tapi coba pahamin rumusnya itu pake logika. Insyaallah bisa.

      Semoga bisa masuk ipa yaa :)

      11 September 2011 pukul 19:01

      • Fadliansyah Putra

        makasih ia bang

        14 September 2011 pukul 22:23

  16. Fadliansyah Putra

    oiyaah bang boleh nanya lagi kan ? hehe

    bang kalau pelajaran bahasa inggris gmna bang ? kan bahasa inggris juga termasuk jurusan IPA . cara belajarnya gmna ? kasih solusinya ia bang

    14 September 2011 pukul 22:30

    • Aditya Sudyana

      Hemm tipsnya:

      1. Lebih banyak belajar sendiri aja (otodidak). Caranya bisa dengan beli buku TOEFL (atau semacamnya), terus latihan soal sendiri pake buku yg udah ada konci jawabannya..

      2. Sisanya tinggal dikembangin di kelas/tempat les

      15 September 2011 pukul 21:08

      • Fadliansyah Putra

        iyaa bang kan tapi juga harus pinter2 speaking atau kosa kata , apakah itu harus setiap hari bang ?

        23 September 2011 pukul 21:20

      • Aditya Sudyana

        Belajar aja dari buku toefl.. Itu udah mewakili semua..

        Belajarnya waktu mood aja, tp bukan berarti ada alesan buat gak mood tiap hari ya

        24 September 2011 pukul 19:03

  17. ini gan, ini! thx bgt inponya yahh :)
    doain ane msk IPA :D
    o ya, gan gmn ya tips biar pinter mtk, fisika, ama kimia scr otodidak? ane agak kesulitan di 3 plajaran ituu… dan tmn sekelas ane yg pinter” rada oelit bagi ilmu gan, bikin marah!
    mungkin agan bs ksh tau tips” nya :)

    15 September 2011 pukul 20:58

    • Aditya Sudyana

      Heemm gimana ya, begini aja:

      Coba kerjain sendiri soal2 latihan.. Pas gak bisa nyelesein, minta tolong ke temen yang jago buat dijelasin/diajarin cara penyeleseannya secara logika (tp inget, bukan minta jawaban).. Atau coba ikut les, pas lg nemu soal susah, coba AKTIF buat nanya, ente harus punya sikap kritis gan buat paham secara logika.. Trus kalo udah nemu caranya, coba buat ngerjain soal-soal yg laen sampe kamu ngerasa udah gak ada lg kesulitan

      Semoga membantu :)

      15 September 2011 pukul 21:16

      • ouw, gitu yaa
        oke dehh ane coba :)
        tp les”an yg bgs biasanya apa ya gan?

        16 September 2011 pukul 15:09

      • Aditya Sudyana

        Semua tempat les bagus kok… Yang penting kitanya aja

        23 September 2011 pukul 13:43

  18. magdalena cristina pardede

    makasih ya. ini blog membantu banget buat aku jdi tambah semangat :D

    30 September 2011 pukul 16:57

  19. angel

    kan Waktu kls X ada tes psikotesx maz , bisa ajha misalx qt pinter dlm bdang lmu alam tapi hasil tes pskotesx ke ilmu sosial/ bhasa. itu gmna maz ..

    16 Oktober 2011 pukul 13:47

    • Aditya Sudyana

      hasil psikotes itu gak ngejamin banget.. yang penting bukan kita harus nurutin hasil psikotes, tapi kita yang harusnya nurutin kata hati kita… kalo hati kita emang udah srek di IPA, yaa lebih baik masuk ipa.. soalnya kalo bidang yang kita ikutin sesuai keinginan kita pastinya bakal enjoy ngejalaninnya ketimbang yang gak sesuai keinginan

      25 Oktober 2011 pukul 19:56

  20. Aditya Dwi A.

    Kak,aQ nih pengen masuk IPA… Tapi Nilai Harian dan N. UTS bnyak yang di bawah rata2… Kebanyakan yg jelek itu pljrn itu IPA (yg bagus cuma Kimia) hehehe…. Apa gra2 itu aQ g bisa msk IPA y kak? Apalagi nilai IPS q yang tinggi2… Tpi kalo nilai harian berikutx ma UASx bagus itu bisa membuka peluang buat masuk IPA g? Tips nya dong kak…. Hehehe…. Doain juga y buat masuk IPA!

    19 Oktober 2011 pukul 18:24

    • Aditya Sudyana

      masalah nilai, itu hak prerogatif dari guru (sukasuka gurunya), jadi kalo nilai uts/uas kamu kurang baik, coba deh deketin gurunya (PDKT), gurunya dibaik-baikin, insyaAllah kalo gurunya seneng sama kamu, pasti nilai kamu bisa memuaskan :)

      kalo kamu NIAT dan ada USAHA dan DOA, pasti ada JALAN buat masuk IPA.. gak peduli seberapa kurangnya nilai kamu di bidang IPA.. kalo kamu realisasiin NIAT kamu itu, insyaAllah kamu jadi berkembang dan bisa ngalahin semua pelajaran-pelajaran IPA…

      sederhana tapi kalo dilaksanaain pasti bisa. semangat!

      25 Oktober 2011 pukul 20:01

  21. Aditya Dwi A.

    Makasih y kak….
    aQ jdi tambah bersemangat bwt msk IPA..
    (˘-˘)ง

    25 Oktober 2011 pukul 21:07

  22. evy rofikoh

    ka aku mau bngt masuk ipa tapi aku masih males buat beljar ,, gimana tuh ka ?

    25 Oktober 2011 pukul 22:07

  23. well, baca ginian doang sih gampang. tapi kalo ngejalaninnya, apalagi buat anak kaya gue, agaknya bakalan susah deh :D sori kalo gue boleh nambahin, cari2 motivasi dan minta sahabat atau pacar kita buat ngasih support itu perlu juga deh. karena gak semua orang bisa menemukan semangat dari diri sendiri atau langsung kesambet rajin abis baca tips2 ini, hehe :D bdw blognya bagus juga kak. like it (y)

    5 Desember 2011 pukul 20:23

    • Aditya Sudyana

      hmm makasih sarannya… setuju banget tuh kalo dapet semangat dari shabat..
      tp kurang setuju kalo nyari motivasi dan semangat lewat pacar.. hhehe

      6 Desember 2011 pukul 07:42

  24. MONICA RIZKY WIDYANINGSIH

    ..KAKAK…..
    ,,apa persaingan di IPA itu sulit?makassi…B-)

    7 Desember 2011 pukul 17:20

    • Aditya Sudyana

      Biasa aja persaingannya.. sama aja kayak sebelum masuk ipa

      17 Desember 2011 pukul 06:47

  25. MONICA RIZKY WIDYANINGSIH

    oiy kak,,,akk juga nilai matematikanya rendah,,
    .apa akk bisa…
    .pelajaran mapel ipa juga sekarang akku melorot..

    7 Desember 2011 pukul 17:26

  26. Raisha Rahma

    makasih tipsnya… bisa bantu aku buat lebih giat belajar supaya masuk kelas ipa….

    oh ya kak, gimana ya cara biar kita nggak bosen sama pelajaran matematika dan kimia…? soalnya nilai aku di 2 mapel itu rada buruk…

    tolong di balas! n makasih

    27 Desember 2011 pukul 15:39

    • Aditya Sudyana

      Banyak bertanya ke yang bisa, mana materi yg kamu gak tau,langsung tanya aja ke guru atau tmn km yg bisa

      Abis itu sering2 latihan soal.. percaya deh klo udah paham konsepnya pasti menyenangkan ngerjain mtk sama kimia itu :)

      30 Desember 2011 pukul 17:39

  27. elsa

    ka mau tanya nii. aku kepengen banget masuk IPA. tapi kendala yang paling sulit itu di pelajaran kimia, sebenernya kimia gampang. tapi guru yng ngajarnya itu killer bangett.
    nah gimana ngadapin guru yang super killer biar kita nyaman sama pelajarannya

    28 Desember 2011 pukul 09:47

    • Aditya Sudyana

      Koncinya sabar :)

      Kan kimia kata km gampang tuh, yawda beres kan? Pasti makin mudah masuk IPA. Tinggal kamunya aja yg bisa atur emosi sama tuh guru..

      30 Desember 2011 pukul 17:40

  28. Sani Kusuma Dewi

    Kalau aku yang susah fisika kak. Soal ulangannya banyak banget, susah” pula, pakek bahasa inggris pula soalnya thu >,<

    10 Januari 2012 pukul 19:24

    • Aditya Sudyana

      wow bahasa inggris (“O.o)a

      11 Januari 2012 pukul 11:12

      • Sani Kusuma Dewi

        iya kak pakek bahasa inngris. soalnya RSBI. Katane grune mapel IPA dapet nilai 4 aja thu dah bagus banget kak

        28 April 2012 pukul 20:03

  29. kak kalau aku tuh susanya di fisika gimana sih caranya buat enteg kerjakan soal-soal fisika:)………?

    4 Maret 2012 pukul 08:50

    • Aditya Sudyana

      Banyak latihan soal dan jgn malu buat bertanya klo ada kesulitan

      8 Maret 2012 pukul 05:57

  30. ghulam rasyid

    good2 :)
    i like ur tips :)

    7 Maret 2012 pukul 22:41

  31. ibrahimrisyad

    mas tipsnya bagus bagus mas, mas nya tau situs ngk tentang soal soal psikotes masuk jurusan ipa gitu ?? butuh banget nih hehehhe

    22 Maret 2012 pukul 19:47

    • Aditya Sudyana

      Makasiih.. :-)

      Wah maaf kurang tau..

      25 Maret 2012 pukul 07:07

  32. Rayhan

    saya mau masuk IPA tapi mtk dan fisika kurang tapi saya lebih jago di IPS dan pelajaran hafalan

    11 April 2012 pukul 14:39

    • Aditya Sudyana

      Mendingan pilih IPS aja, daripada milih IPA terus malah gak sanggup :-)

      12 April 2012 pukul 00:33

  33. rahadhani atika

    makasih kak buat tips nya..keren….doain masuk ipa yak..amin

    29 April 2012 pukul 11:33

  34. rahmadhani atika

    Mao tanya kak, mkalo misal nilai kita pas pasan di salah satu mapel nya, gimana?
    misal kimia .. gimanaa kiat” nya.

    29 April 2012 pukul 11:41

    • Aditya Sudyana

      pas-pasan gak begitu masalah buat awalnya, yang penting bangun dulu kecintaan sama mata pelajaran IPAnya khuususnya yang pas-pasannya itu..
      abis itu, baru deh lebih digiatin lagi belajarnya biar dapet nilai yang lebih bagus lagi

      29 April 2012 pukul 23:20

  35. Rahmadhani Atika

    iya makasih kak sarannya.. doakan saya lebih bersemangat belajar nya dan bisa masuk IPA ya kak..
    amin..

    oo iya, boleh ya kak, aku sharing lagi, besok- besok..makasih:)

    12 Mei 2012 pukul 19:39

  36. Aldino Aditya Damef

    Mas. Mohon doanya ya biar aku masuk jurusan IPA. IPA itu impian terbesar ku di sma ini. Aku bener2 pengen masuk IPA. 100% pengennya di IPA. Mohon doanya mas. #amiin

    19 Juni 2012 pukul 19:14

  37. brenda

    aku pengen banget kak masuk ipa,,,,aku baru ajha masuk SMA sih tapi udah punya niat k ipa…..tapi kiat” belajar ipa n matek yang mudah n nyenengin tuh gmna sih kak??

    bantuin yahhhh,,,,,,

    21 Juli 2012 pukul 10:00

  38. Mas do’akan aku ya ! semoga pada saat kenaikan kelas XI diriku bisa masuk kelas IPA.
    Dan dapat membahagiakan kedua orang tua saya serta orang yang saya sayangngi !
    Bismillahhirohmannirrohim.

    22 Juli 2012 pukul 11:49

    • Aditya Sudyana

      amiiin :)

      28 Juli 2012 pukul 13:47

  39. klo mau msk ipa nilai semester or rapot harus besar?

    21 September 2012 pukul 13:45

    • Aditya Sudyana

      tergantung kebijakan sekolah masing-masing..

      3 Oktober 2012 pukul 06:10

  40. zahro

    Jazzakumulloh khoiron katsiron ;)

    2 Oktober 2012 pukul 11:44

  41. aku pingin bgt masuk IPA tpi nilai ku yang bagus cuma MTK nya
    trs berdasarkan hasil IQ aku masuk jurusan bahasa buka IPA trs itu g mna

    21 Oktober 2012 pukul 18:10

    • Aditya Sudyana

      kalo udah niat, pasti ada jalan.. coba konsultasi ke guru BK nya

      27 Oktober 2012 pukul 06:07

  42. Antonius

    Kak, mau tanya nih. Kan sya mau masuk IPA. Sementara ini sdh menjalani stengah smester dan hasilny tidak ada yang dibawah standar.
    Nah, mulai masuk pelajaran stleah mid semester ini, pelajaran fisikanya lagi susah nih pelajaranny. Gurunya KILLER banget. Dan pas satu klas dikasi soal latihan gg ada satu pun yg bisa menjawab termasuk saya. Pertanyaan saya gmna cara menghadapi guru sperti itu? Kalau mat, bio, dan kimia saya bisa mengerti dan nilai sya slalu bagus, untuk fisika jumat ini mau ulangan.

    7 November 2012 pukul 21:01

    • Aditya Sudyana

      ikuti aja mau gurunya..
      baik-baikin gurunya..

      8 November 2012 pukul 06:19

  43. iffah IR

    wa…h q jd ngiri ma kalian2!
    gini kak,q kebetulan lu2san taun ini,dr dulu q pengen bgd kuliah di …(jurusan ipa),tp wkt sma(q ambil jurusan keagamaan d pondok) q gak pernah dpt pelajaran ipa,paling cm mtk ips n b.ing,.nah,kira2 msh ada kesempatan kah buat ngewujudin cita2q?coz,denger2 msh bisa,asal q berusaha keras belajar,apa bnr kak?
    tolong kak kasih solusi n tips dong.(galau ne kak… :-< )

    16 November 2012 pukul 17:16

    • Aditya Sudyana

      impian kamu buat masuk ke universitas … (jurusan ipa) masih bisa dilakukan, KECUALI di universitas … (jurusan ipa) tersebut memang gak mensyaratkan mahasiswanya harus berasal dari SMA/sederajatnya yang berjurusan IPA. kalo kasusnya seperti itu, berarti kamu masih bisa berusaha buat masuk ke universitas itu.

      beda hal kalo universitas itu memang mensyaratkan mahasiswanya harus berasal dari SMA/sederajatnya jurusan ipa. kalo kasusnya begini, berarti kamu yang smanya jurusan agama, ya insyaAllah gak bisa masuk.. begitu

      18 November 2012 pukul 05:43

  44. doa’in saya masuk jurusan IPA yah? :D

    3 Desember 2012 pukul 18:22

  45. doa’in saya yah semester ini dapet nilai rapot rata” 88 amiiiiiin agar bisa masuk ke jurusan IPA….
    Kimia = 90
    Biologi = 89
    Matematika = 95
    Fisika = 90
    semoga saja usaha saya nanti gak sia”… Semangat go”…..!!!

    3 Desember 2012 pukul 18:32

  46. thankyou yaa kak buaat tipsnya , dicobain semoga berhasil :)

    10 Februari 2013 pukul 11:12

  47. kalokita udah berdoa tapi Tuhan jawapnya beda gimana.?

    18 Februari 2013 pukul 09:27

    • Aditya Sudyana

      Berarti Tuhan menginginkan yang terbaik buat kamu. Mungkin dengan dikabulkannya doa kamu, bisa bikin sesuatu yang tidak baik buat kamu.

      Tuhan selalu punya rencana yang baik

      19 Februari 2013 pukul 12:16

  48. arry

    kak kalau masuk ipa ada testnya ngak????

    19 Maret 2013 pukul 22:48

    • Aditya Sudyana

      masuk ipa itu tergantung dari nilai rapot

      20 Maret 2013 pukul 05:15

  49. hartadi

    doain y kk tgl bbrp bulan lgi semoga bisa masuk IPA ^_^

    3 April 2013 pukul 15:25

  50. Deni Irawan

    Aku pengen masuk IPA… Nilai IPA ku cukup bagus..
    Tapi nanti kalau aku tes IQ yg tinggi IPSnya gimana?? Aku takut gak masuk IPA..
    DOA’IN AKU YA SOBAT…!!!

    24 April 2013 pukul 22:13

  51. akucantikimut

    kk…gimana klu …saya kn di SMA,jurusan IPS,,,
    tp saya di universitas mau jrsan biology
    `
    `klu pendpt kk,,, gimn ea

    13 Mei 2013 pukul 07:54

    • Aditya Sudyana

      kurang pas.. kamu lebih bagus masuk ke bidang yang sesuai sama kamu..

      13 Mei 2013 pukul 16:27

  52. Kalo jurusan Psikologi itu lebih ke IPA atau IPS sih ? banyak yang bilang di IPS ada juga yang bilang di IPA ?
    Dan untuk memilih fakultas lebih banyak IPA atau IPS ya ?
    Thx :)

    15 Mei 2013 pukul 07:52

    • Aditya Sudyana

      wah kurang tau nih kalo masalah psikologi..
      tetapi kemungkinan besar, jurusan IPA itu lebih banyak peluangnya untuk memilih fakultas. dari IPA bisa masuk ke fakultas yang IPS, tapi IPS belum tentu bisa masuk ke fakultas yang IPA

      17 Mei 2013 pukul 13:33

  53. Rapi mesta

    Thanks ya

    21 Mei 2013 pukul 20:21

  54. Catherina Silvi

    Maz,, tolong kasih soal-soal dan pembahasan pelajaran ipa donk,, ksih tau alamat webnya dimana, ak btuh baget soal soal serta pembhasan, terutama soal fisika, mat, dan kimia yy mas,,, makasih :)

    25 Mei 2013 pukul 20:13

  55. Bro bro bro… nilai gw pas UKK ini kayaknya banyak yang kurang dari KKM Penjurusan nih … Gmana inih ?. padahal pas semster 1 nilai gw lumayan tinggi (ga tinggi2 juga sih..) . Apakah masih ada harapan :(

    4 Juni 2013 pukul 20:35

  56. aku mau masuk ipa, tapi pas psikotes awal sih ipa pas pembagian rapot jadi ips. nah karena aku pengen banget ipa disuruh tes ulang. ini sangat membuat gue bingung ka, ada saran ga ka tesnya gimana?

    23 Juni 2013 pukul 23:03

  57. aku masuk IPA niih di raport . . tpi bingung jugaaa masih ada rasa deg2an gimnaaaa gituu . . gmna yaa buat ngilangin rasa deg2an ituu ???
    trus aku takut kejebak jugaa di UN nya nanti . . soalnya aku paling telmi sma yang namanya fisika sma kimiaa . . hmm :I

    1 Juli 2013 pukul 14:04

    • Aditya Sudyana

      deg-deg-an itu biasa kok, yang penting jangan terlalu berlebihan aja, kalo udah berusaha, serahin aja semuanya sama Yang Maha Kuasa :)

      21 Juli 2013 pukul 05:00

  58. kak. aku baru masuk kelas 10 nih. skrg udah beda kurikulumnnya. skrang test dulu baru bisa masuk. ngga liat nilai rapot. jadi pas kita masuk kelas X udh ada kelas X IPA ama X IPS. pertanyaanya… rata” disekolah saya pada mau masuk ke jurussan IPA. sedangkan jumlah kelas yang terbatas, hanya ada 8kelas(otomatis 4 IPA dan 4 IPS) nah.. gimana kak carannya agar kita bisa masuk ke kelas IPA dan dengan problem yang kayak gini ? langkah apa yang harus saya lakukan? makasih kak.

    11 Juli 2013 pukul 20:42

    • Aditya Sudyana

      saya belum pernah ngalamin sistem yang kayak begini, jadi saya belum punya solusinya. Yang penting niatin aja dulu mau masuk mana, terus optimis.

      21 Juli 2013 pukul 04:59

  59. diva

    kak,, skarang tuh baru masuk SMA udah dites masuk IPA/IPS…
    berarti kan nggak liat raport kelas 10… apalagi di SMP tidak ada pelajaran kimia -_-
    trus gimana cara masuk IPA??

    13 Juli 2013 pukul 07:34

    • Aditya Sudyana

      wah kalo ini saya belom tau.. baiknya sih penentuan ipa/ips itu setelah kelas 10, biar bisa tau pelajaran2 ipa ips nya, biar gak salah pilih. tapi kalo sistemnya udah berubah, kuatin niat aja dulu

      21 Juli 2013 pukul 04:52

  60. saya kan bru tmat dr sma
    Nah wktu sma saya msuk ips tp pas skrng saya masuk peguruan tingg ngambil jurusan ipa, biologi

    Tuch gmNa tipsnya!

    18 September 2013 pukul 17:34

  61. Evelyn

    Mulai 2013/2014 ini kan langsung peminatan IPA/IPS di kelas X.
    Sy minat IPA…….ky nya IPS di sekolah sy punah dech !!

    29 September 2013 pukul 21:41

  62. sella

    thaks ya kk atas tipsx
    aq skrng bru msk kls x,dan aku msk kls ungglan yg persingnx tuh ketat bget…
    mnrt kk, ad ksmptn buat aku enggkny untk msk kls ipa….

    24 November 2013 pukul 19:04

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 818 pengikut lainnya.